Bogor (Antaranews Megapolitan) - Hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Selain shalat Idul Adha, umat Islam juga disunnahkan untuk berkurban dengan menyembelih hewan. Di antara hewan tersebut yang diperintahkan untuk disembelih adalah kerbau, sapi, kambing, domba dan unta.

Memilih hewan kurban tidak boleh sembarang, karena harus memenuhi syarat-syarat dari hewan kurban tersebut. Terlebih hewan memerlukan penanganan serius pasca disembelih. Sebagian masyarakat masih banyak yang minim pengetahuannya akan hal tersebut.

Ustadz drh. Hasan Rifa'i Al Faridy menyampaikan bahwa berkurban adalah bentuk cinta kepada Sang Pencipta Allah SWT dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Sehingga pemilihan hewan kurban mesti memperhatikan kualitas secara fisik yaitu tanpa cacat, sehat dan sampai pada batas umur hewan kurban boleh disembelih sesuai dengan ajaran syariat Islam. Uraian tersebut beliau sampaikan pada Pelatihan Penanganan Hewan Kurban dan Juru Sembelih Halal bagi Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dalam Rangka Menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 H di Ruang Kuliah Fisika Gedung Pascasarjana Lantai 1, Kampus IPB Baranangsiang, Bogor. Acara ini diselenggarakan oleh Pusat Kajian Sains Halal (Halal Science Center) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB), (18/8). Sebanyak 70 peserta dari berbagai DKM di Bogor hadir dalam pelatihan ini.

Kepala Halal Science Center IPB, Prof. Dr. Ir. Khaswar Syamsu, M.Sc menyampaikan, keberadaan Halal Science Center merupakan salah satu bentuk pengabdian IPB kepada masyarakat. Sementara itu Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, MSc, Agr selaku Wakil Kepala bidang Penelitian LPPM IPB juga menyampaikan bahwa IPB harus mengawal proses penyembelihan hewan kurban sesuai syariah Islam.

Materi terkait penanganan daging kurban disampaikan oleh Edit Lesa Aditia, SPt, MSc. Menurutnya, penanganan karkas daging harus digantung, penanganan daging dengan jeroan harus terpisah, penggunaan alat potong daging harus bersih, tajam dan ketersediaan air bersih selama proses penanganan daging kurban tersebut. Materi dilanjutkan oleh drh Supratikno, MSi PAVet terkait proses pemotongan dan penyembelihan hewan kurban yang sesuai syariat Islam. Acara ini mendapatkan apresiasi cukup besar dari peserta. (nurmi/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018