Bogor (Antaranews Megapolitan) - Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) telah menyelenggarakan pelatihan penelusuran dan penulisan deskripsi paten untuk meningkatkan kualitas aplikasi paten dari para periset baik dari perguruan tinggi, lembaga riset dan pengembangan baik milik pemerintah maupun swasta. Pelatihan ini dilaksanakan di Ruang Gaharu, IPB Science Techno Park, Taman Kencana pada 15-16/8.

Dr. Syarifah Iis Aisyah,  Direktur Inovasi dan Kewirausahaan IPB menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta tentang sistem kekayaan intelektual.

"Kami ingin agar kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam menyusun spesifikasi dokumen paten (deskripsi paten)," katanya.

Dr. Iis berharap agar pelatihan paten ini dapat membantu peserta dalam memahami dan membedakan jenis-jenis kekayaan intelektual yang telah resmi diimplementasikan di Indonesia, khususnya paten.

“Kami berharap agar peserta mampu menyusun deskripsi paten sesuai dengan ketentuan penulisan spesifikasi dokumen paten, draft deskripsi paten yang siap untuk didaftarkan paten,“ tandasnya.

Paten merupakan salah satu dari tujuh jenis kekayaan intelektual yang telah resmi diimplementasikan di Indonesia.

"Paten sebagai instrumen perlindungan hukum terhadap kekayaan intelektual di bidang teknologi, menjadi salah satu indikator kemajuan suatu negara, utamanya yang berorientasi pada knowledge based economy. Kami berupaya semaksimal mungkin untuk menerapkan sistem tersebut," terang Dr. Drh. I Ketut Mudite Adnyane, Kepala Sub Direktorat Pengelolaan dan Komersialisasi Inovasi, Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan IPB.

Sosialisasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia akan pentingnya sistem kekayaan intelektual, khususnya paten akan dilakukan secara kontinyu di IPB. Pelatihan ini dilaksanakan satu hingga dua kali setiap tahunnya. Sampai saat ini, total inovasi IPB yang masuk dalam seratus plus Inovasi Indonesia Paling Prospektif versi  Business Innovation Center (BIC) adalah 415 inovasi dalam kurun waktu sepuluh tahun. Total aplikasi paten IPB adalah 401 judul, dan 134 diantaranya telah granted (bersertifikat). (SMH/ris)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018