Cibinong, Bogor (Antaranews Megapolitan) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor, Polda Jawa Barat mengimbau panitia Asian Games cabang olahraga paralayang menetapkan area terlarang untuk dihindari demi keselamatan para atlet di kawasan Puncak Bogor-Cianjur.

"Ini harus ada koordinasi agar nantinya tidak saling menyalahkan dan dari segi pengamanan akan jauh lebih baik," kata Kepala Satlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama, di Cibinong, Minggu.

Menurut dia, dalam perhelatan Asian Games 2018 terus melakukan koordinasi bersama, baik dari segi pengamanan saat melintas di jalan raya maupun tingkat keselamatan atlet paralayang.

Pasalnya pada cabang olahraga paralayang terdapat `restricted area` (area terlarang) atau pelarangan terbang maupun melakukan pendaratan pada daerah setempat.

Karena itu, perlu pemetaan area sebagai bentuk antisipasi bila terjadi masalah terhadap atlet itu sendiri.

Pelatih Timnas Paralayang Indonesia Gendon Subandono mengatakan bahwa area paralayang Puncak tidak memiliki area terlarang (restricted area).

Padahal `restricted area` ini bagi atlet paralayang bukan hanya disebut kawasan yang tidak boleh dilakukan pendaraatan, tapi juga tidak boleh terbang di atasnya.

Sedangkan untuk kawasan kebun binatang di Taman Safari Indonesia dekat venue pendaratan paralayang Puncak Bogor, juga bukan daerah terlarang.

"Untuk kawasan Puncak-Bogor tidak termasuk pada daerah terlarang terbang, jadi tidak perlu khawatir," katanya lagi.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018