Cibinong, Bogor (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terus menggarap wisata kreatif yang dijadikan sebagai tolok ukur meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Bupati Bogor Nurhayanti di Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu, mengaku telah meminta dinas pariwisata (Dispar) untuk mengembangkan wisata kreatif tersebut.

"Jadi itu nantinya ada program kerja dimana pelaksanaannya melalui berbagai seni, budaya yang berpadu pada trend masa kini dan dikemas menggunakan multimedia," katanya.

Menurut dia, sudah saatnya pada daerah setempat melakukan penataan dan pengembangan pariwisata, dimana mengajak penggiat usaha maupun pemuda untuk membuat suatu hal yang bermanfaat.

Pasalnya dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) banyak hal yang dapat dimanfaatkan untuk kelangsungan maupun perkembangan daerah.

Itu dapat terlihat pada penataan kawasan perhotelan, wisata, dimana perlu ada pemetaan dan pemerataan setiap titik baru dengan cara pembatasan penggunaan lahan pembangunan penginapan.

Namun pembangunan hotel (penginapan dapat disiasati dengan melakukan kerja sama melalui pemerintah daerah maupun masyarakat. Dengan cara inilah peningkatan sumber daya alam-manusia dapat tergali secara baik.

"Itu nantinya juga berpengaruh pada tingkat pengangguran yang cukup rendah bila terlaksana dengan baik. Dan tentunya ekonomi kerakyatan dapat berkembang," katanya.

Ia menambahkan dewasa ini masih terlihat beberapa keluhan dimana minimnya wisatawan yang berkunjung pada daerah setempat.

Namun sinergisitas harus terjadi dan berjalan baik agar dapat meningkatkan pariwisata dan beberapa masalah lalulintas maupun tindak kriminalitas jalanan.

"Ini cara atau metode terbaik dan saat ini masih pada proses pembahasan dimana akan berpengaruh terhadap ekonomi bersama," katanya.

Nurhayanti menjelaskan dalam pembahasan dan pemetaan itu nantinya akan meminta pendapat dengan penggiat pariwisata agar menuangkan idenya.

Dan bila hal tersebut terjadi maka peningkatan dapat tercapai dan tentunya akan menjadikan Kabupaten Bogor penuh warna (berbagai kemajuan kreatif).

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018