Bogor (Antaranews Megapolitan) - Sebanyak 404 jamaah calon haji asal Kota Bogor, Jawa Barat yang tergabung dalam Kloter 42, bertolak menuju Makkah Al Mukaromah, Senin.

"Seluruh jamaah telah diberangkatkan siang tadi pukul 11.45 dari Embarkasi Bekasi langsung menuju Makkah," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama, Kota Bogor, Adeng Jaelani kepada Antara.

Ade mengatakan, setelah tiba di Makkah, seluruh jamaah akan diinapkan di hotel. Untuk maktab, berada di Mahbas Jin.

Lebih lanjut, Adeng menjelaskan, keberangkatan kloter 42 merupakan pemberangkatan pertama dari Kota Bogor. Total ada ?1.084 jamaah calon haji plus petugas haji yang berangkat tahun ini.

Dari jumlah tersebut, lanjutnya, jamaah calon haji Kota Bogor diberangkatkan dalam tiga kelompok terbang (kloter) yakni kloter 42, kloter 68 dan kloter 89.

"Kloter 68 akan diberangkatkan tanggal 5 Agustus, dan kloter 89 tanggal 12 Agustus, semuanya ke embarkasi dulu, baru ke Tanah Suci," katanya.

Ia mengatakan, dari 1.084 jamaah calon haji Kota Bogor tersebut, terdapat satu calon haji termuda yakni usia 18 tahun dengan nama Nada Ilmanna warga Bantar Kemang, Bogor Timur.

Selain itu, terdapat juga calon haji yang usia lanjut yakni 85 tahun dengan nama Du Bahir, warga komplek ABRI Sukasari Lawang Gintung, dan Ahmad Sanusi, warga Kampung Tunggilis, Kedung Halang.

Terkait kesehatan para jamaah, Adeng mengatakan, seluruh kesehatan jamaah telah diperiksa secara seksama oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Sebelum berangkat, jamaah juga sudah diinformasikan dan diingatkan untuk selalu menjaga kondisi fisik, serta kesehatan selama beribadah haji.

"Penggunaan masker juga cukup efektif selama di Makkah, jadi kami sudah melengkapi jamaah dengan masker," katanya.

Sedangkan informasi cuaca di Makkah saat ini tidak begitu panas, sehingga tidak berpengaruh kepada jamaah.

"Kondisi cuaca di Tanah Suci sudah kita informasikan, cuaca tidak begitu panas, jadi tidak menggangu jamaah," kata Adeng.

Sebelum diberangkatkan menuju Makkah, sebanyak 404 jamaah calon haji Kota Bogor kembali mendapat pemeriksaan oleh tim kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Ketua Tim pemeriksa kesehatan jamaah calon haji Dinas Kesehatan Kota Bogor, Armein Djauhari mengatakan, hasil pemeriksaan akhir menyatakan seluruh jamaah bisa diberangkatkan menuju Makkah.

"Alhamdulillah semuanya lolos. Memang awalnya ada yang tensinya naik, tapi karena psikis aja, makanya mereka dipersiapkan untuk menghadapi semua keadaan di Tanah Suci, baik fisik maupun psikis dan Alhamdulillah semua bisa," kata Armein.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018