Cibinong, Bogor (Antaranews Megapolitan) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Jawa Barat bersama Kementerian Kesehatan RI melakukan sosialisasi "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)" pada desa daerah setempat.

"Ini lebih kepada perubahan prilaku beberapa tentang germas, sebagai contoh masyarakat sudah mulai makan buah dan sayuran, sudah rutin memeriksakan kesehatan ke puskesmas terdekat," kata Kepala Kesehatan Masyarakat Dinkes Bogor, Dede di Cibinong, Senin.

Sosialisasi tidak hanya dilakukan oleh Dinkes saja, tapi kita melakukan sosialisasi melalui jejaring pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

Selain itu pada gerakan masyarakat hidup sehat, lebih memfokuskan kepada tiga isu yang menjadi sasaran.

Itu antaranya isu pertama kekerdilan (stunting), kedua peningkatan cakupan dan mutu imunisasi dan ketiga percepatan eliminasi tuberkulosis.

Hal ini harus secara berurutan dan juga perlunya sikap untuk mendorong agar masyarakat memahami tentang isu tersebut.

Dan itu juga susah berdampak positif terhadap masyarakat yang mengikuti penyuluhan di Puskesmas Kecamatan Cibinong.

Namun, ini juga telah dilakukan pada Kampung Cibedug, Kecamatan Ciawi. Dengan adanya sosialisasi itu ternyata mendapatkan antusias dari masyarakat sekitar.

Ia menambahkan dalam hal ini sudah dilakukan sosialisasi pada Kecamatan Tenjolaya, Leuwiliang, Megamendung, Cibinong, dan Ciawi.

Sementara itu, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI, Ramadanura mengatakan, germas merupakan upaya peningkatan perilaku sehat dalam mengatasi permasalahan kesehatan.

"Program germas ini bisa berjalan dengan melibatkan berbagai unsur, mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota," ujarnya

Tetapi guna lebih menyukseskannya juga diperlukan peran serta dari dunia usaha untuk memberikan pengetahuan melalui program CSR dan terpenting peran masyarakat, individu maupun keluarga.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018