Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) telah merespons pemintaan Pemprov Jawa Barat perihal percepatan proyek rehabilitasi Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi untuk kegiatan Asian Games 2018.

"Penyelesaian pekerjaan Stadion Patriot sudah ditanggapi oleh pemerintah pusat (Kementerian PUPR). Buktinya, sejak sepekan lalu dari semula progresnya baru 89 persen, sekarang sudah 96 persen," kata Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy Ganda Kusumah di Bekasi, Jabar, Sabtu.

Menurut dia, Pemkot Bekasi melalui Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan telah mengajukan permohonan percepatan rehabilitasi stadion dengan menambah jumlah pekerja.

Dalam agenda inspeksi Pj Gubernur Jabar M Iriawan ke Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan pekan lalu, diketahui hanya ada lima orang tukang yang tengah menggarap ruang kerja wartawan.

Jumlah tersebut dirasa kurang, mengingat sejumlah area stadion lainnya seperti koridor VVIP, rumput lapangan yang belum optimal hingga ruang pemain dan ofisial belum sepenuhnya siap.

"Namun saya pantau kemarin, progresnya sudah ada kemajuan. Artinya, permintaan kami dilaksanakan," katanya.

Dikatakan Ruddy, proyek rehabilitasi stadion tersebut kini hanya menyisakan kesiapan rumput yang kini mengalami kekeringan akibat kemarau.

"Hanya kurang dari 5 persen rumput yang mengalami kekeringan, namun saat ini sedang diintensifkan penyiramannya oleh petugas," katanya.

Upaya pemulihan rumput juga melibatkan tim konsultan khusus dari akademisi guna mengawal proses pertumbuhan rumput jenis "zoysia matrella" itu.

Panpel Asian Games 2018 sebelumnya memutuskan untuk menyelenggarakan pertandingan perdana Asian Games 2018 Jakarta-Palembang mulai 10 Agustus 2018.

Cabang sepak bola putra akan mengawali pertandingan dengan menampilkan laga di Grup A yang mempertemukan Laos melawan Hongkong di Stadion Patriot, Kota Bekasi.

Di tempat yang sama, timnas Merah Putih yang juga tergabung di Grup A akan melayani penampilan Chinese Taipei pada Minggu (12/8).

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018