Bogor (Antaranews Megapolitan) - Dampak buruk akibat sampah plastik kian mengkhawatirkan. Kesadaran untuk mengurangi penggunaan sampah plastik perlu digalakkan di tengah masyarakat. Berawal dari kepekaan terhadap sampah  plastik dan keinginan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik di kehidupan sehari-hari, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melahirkan inovasi ecobag ramah lingkungan dengan kualitas tinggi, fashionable dan bergaya sosial kekinian.

Ezanow: Ecobag Zaman Now merupakan karya lima mahasiswa IPB yaitu Suharni, Siswanto, Mei Lina, Nuraeni, dan Welno Hedi yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM K) yang dibimbing oleh Drs. Prapto Tri Supriyo. Pengembangan Ezanow ini sebagai sarana edukasi untuk meningkatkan kepekaan sosial masyarakat.

Inovasi ecobag ini mengedepankan prinsip ramah lingkungan, fashionable, dan informatif. Suharni selaku ketua tim  bersama rekan-rekannya mengatakan, “Masyarakat zaman now lebih suka hal yang praktis, tidak suka ribet bawa barang, tapi kurang suka membawa tas berukuran besar karena kurang stylish, sehingga kami memberikan solusi berupa inovasi Ezanow.”

Ezanow terdiri dari dua branding, yaitu Tote Bag Ezanow dan Goody Bag Ezanow. Kelebihan Ezanow dibandingkan tote bag pada umumnya yaitu sablon dua sisi yang berbeda dengan desain yang unik, bagian dalam dilapisi tas furing dan dilengkapi kantong untuk handphone, variasi warna kekinian dan nge-hitz, serta desain yang mengangkat isu sosial.  Ezanow sudah dipasarkan secara online di media sosial. Harga tote  bag Rp 75 ribu per buah. Sementara harga satu buah goody bag Rp 10 ribu. Bonus 1 goody bag untuk pembelian tiga buah. Sudah cukup banyak konsumen Ezanow.

“Desain Ezanow mengangkat tentang isu sosial yang dikemas menggigit sehingga diharapkan mampu meningkatkan kepekaan terhadap isu sosial. Isu sosial tadi terkait pendidikan, lingkungan,  dan korupsi. Namun untuk ke depannya desain kami juga akan mengangkat tentang isu sosial yang sedang hangat diperbincangkan di masyarakat. Paket komplit banget buat people zaman now yang ingin tampil simple, menarik, dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” imbuh Suharni.

Menurut Suharni pada tote bag, desain sablonnya di bagian sisi depan berupa gambar, dan bagian sisi belakang berupa tulisan. Kalau di goody bag, karena sablonannya hanya di sisi depan, maka desainnya berupa gambar sekaligus tulisan atau tulisan saja.

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Suharni dan Tim

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018