Cikarang, Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menerjunkan sebanyak 30 pasukan oranye yang bertugas menjaga kebersihan area Stadion Wibawa Mukti di Kelurahan Sertajaya Kecamatan Cikarang Timur jelang perhelatan Asian Games Austus 2018.

"Terhitung hari ini mereka sudah mulai bekerja membersihkan area Stadion Wibawa Mukti," kata Kabid Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Dody Agus Suprianto di Cikarang, Jumat.

Dody mengatakan 30 tenaga kebersihan tersebut akan bertugas hingga babak penyisihan Grup D cabang olahraga sepakbola putra yang digelar di Stadion Wibawa Mukti itu selesai.

"Mulai tanggal 14 Agustus atau hari pertama pertandingan mereka akan bertugas sampai malam hari setelah pertandingan selesai," katanya.

Untuk itu dirinya mengaku telah menyiapkan anggaran honor bagi petugas kebersihan tersebut termasuk honor saat mereka lembur nanti.

"Sudah tentu kalau soal itu, kita beri kepastian honor biar mereka makin semangat kerjanya," katanya.

Dody melanjutkan jika jumlah personelnya dirasa masih kurang saat pertandingan Asian Games berlangsung pihaknya telah mengantisipasinya dengan menambah jumlah personel.

"Jika memang diperlukan kita juga sudah kontak petugas kebersihan yang biasa menyapu di sekitar Stadion," katanya.

Selain itu pemerintah daerah setempat juga menyiapkan dua unit kendaraan truk sampah, satu unit pikap sampah, tempat sampah di sejumlah titik, serta beberapa poster imbauan jaga kebersihan selama Asian Games berlangsung.

"Nanti yang pick up di dalam Stadion kalau truk di luar. Kita juga sudah siapkan tempat pengolahan sampahnya sekaligus di sekitar stadion," katanya.

Dody mengimbau semua pihak yang nanti terlibat langsung di sekitar Stadion seperti pedagang dan penonton untuk menjaga kebersihan seperti yang dicontohkan pendukung Jepang saat Piala Dunia 2018 di Rusia beberapa waktu lalu.

"Aksi bersih-bersih yang dilakukan suporter Jepang kemarin patut ditiru ya setidaknya penonton dan pedagang membuang sampah di tempat yang telah kami sediakan jangan membuang sembarang," katanya.

Pewarta: Mayolus Fajar D dan Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018