Depok (Antaranews Megapolitan) - Sebanyak 223 Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) siap terjun ke masyarakat guna mengikuti program Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Terintegrasi di sembilan Desa yang ada di Kabupaten Bogor. 

Wakil Dekan FKM UI Dr. Sabarinah Prasetyo, melepas ratusan mahasiswa FKM UI  Kamis, di Kantor Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Ia berharap kehadiran para mahasiswa FKM UI mampu mendukung pembangunan kesehatan desa melalui upaya mengidentifikasi permasalahan kesehatan dan mengenali faktor risiko.
 
PBL FKM UI berlangsung sebanyak dua sesi, sesi pertama yaitu bulan hingga Agustus 2018. Para mahasiswa yang terjun ke lapangan berasal dari Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Program Studi Sarjana Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Program Studi Sarjana Kesehatan Lingkungan.  

Selanjutnya, pada sesi berikutnya (November - Desember 2018) mahasiswa Program Studi Sarjana Ilmu Gizi yang akan mengambil bagian ke tengah masyarakat di Kabupaten Bogor.

Ke-sembilan desa yang menjadi lokasi PBL FKM UI adalah Desa Babakan Madang, Desa Bojong Koneng, Desa Cijayanti, Desa Cipambuan, Desa Citaringgul, Desa Kudamangu, Desa Karang Tengah, Desa Sentul, dan Desa Sumur Baru. 

Terpilihnya 9 Desa tersebut berdasarkan hasil kerjasama FKM UI dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Kesbangpol Bogor, Kecamatan Babakan Madang, Puskesmas Cijayanti, Puskesmas Sentul, dan Puskesmas Babakan Madang.

Sejumlah agenda yang akan dijalankan oleh para mahasiswa tersebut adalah mengidentifikasi masalah kesehatan yang ditetapkan bersama dengan masyarakat setempat, mengenali faktor risiko dan mengenali sumber daya bersama yang ada di masyarakat untuk melaksanakan penyelesaian bersama, dan mengajukan rekomendasi solusi alternatif yang dapat ditempuh dengan melibatkan seluruh potensial stakeholder.
 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018