Cikarang, Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat meraih predikat juara 1 dalam lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) 2018 tingkat nasional yang digelar di Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (5/7) kemarin.

Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin menerima langsung penghargaan yang diserahkan pada puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

"Syukur Alhamdulillah atas prestasi yang diraih ini. Karena program ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bekasi, khususnya ibu rumah tangga," katanya di Cikarang, Senin.

Adalah Kelompok Samara dari Desa Setiaasih Kecamatan Tarumajaya yang mewakili Kabupaten Bekasi di lomba tingkat nasional ini.

Kelompok Samara memenangkan lomba tingkat nasional ini dengan mengirimkan produk-produk unggulan seperti pembuatan Batik Bekasi, kreasi olahan limbah industri, dodol Bekasi serta kreasi corak mukena.

Menurut Neneng kegiatan UPPKS dapat memicu semangat ibu-ibu muda untuk mengikuti lomba serupa, terlebih melalui kegiatan tersebut ibu rumah tangga juga bisa meningkatkan pendapatannya tanpa menganggu lainnya.

"Sekaligus memberi semangat baru buat ibu-ibu muda untuk ikut program ini demi peningkatan pendapatan mereka. Karena mereka bisa bekerja di rumah dan tetap bisa mengurus rumah tangga," katanya.

Neneng menambahkan kelompok Samara yang ikut perlombaan ini memiliki misi peningkatan pendapatan keluarga melalui beberapa program yang sejalan dengan usaha peningkatan perekonomian keluarga.

"Usaha peningkatan pendapatan keluarga melalui program, bagaimana perempuan-perempuan Bekasi juga turut membantu perekonomian dengan cara membatik khas Bekasi, lalu bisnis hasil kreasi dari olahan limbah industri, juga makanan khas Bekasi," katanya.

Dia berharap kedepan kelompok ini mampu berinovasi lagi sehingga mampu mendongkrak perekonomian rakyat khususnya warga Kabupaten Bekasi.

"Semoga produk yang dihasilkan semakin bervariatif dan mampu menopang usaha kecil lainnya sehingga dapat maju bersama," katanya.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto dan Pradita Kurniawan Syah

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018