Karawang, 7/2 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat akan menyebar satu template khusus tunanetra di setiap tempat pemungutan suara pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Jawa Barat yang rencananya digelar pada 24 Februari 2013.

"Untuk membantu pemilih dari tunanetra, disediakan satu template di setiap TPS (tempat pemungutan suara)" kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Yayat Hidayat, di sela kegiatan Sosialisasi Pilkada Jabar kepada kalangan aktivis, di Karawang, Rabu.

Dikatakannya, penyediaan satu template khusus tunanetra di setiap TPS itu dilakukan untuk membantu para pemilih tunanetra dalam menggunakan hak pilihnya. Hal itu juga dilakukan, karena tidak dilakukan pendataan TPS-TPS tertentu yang terdapat pemilih tunanetra.

Idealnya, kata dia, sebelum waktu pemilihan dilakukan terlebih dahulu pendataan TPS-TPS yang terdapat pemilih tunanetra.

Tetapi hal tersebut tidak sempat dilakukan. Karena itu, KPU Jabar akan menyiapkan satu template di setiap TPS pada Pilkada Jawa Barat 2013.

Daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada Jabar 2013 sendiri sebanyak 32.536.980 pemilih. Terdiri dari 16.382.180 pemilih laki-laki dan 16.154.800 orang lainnya merupakan pemilih perempuan. Sedangkan untuk jumlah TPS sebanyak 74.948.

Saat ini, kata dia, tahapan Pilkada Jabar akan memasuki masa kampanye, mulai 7-20 Februari 2013. Hari pertama kampanye akan digelar melalui Rapat Paripurna DPRD Jabar dengan agenda visi-misi.

Pada hari yang sama, yakni pada 7 Februari, digelar pula deklarasi kampanye damai di Lapangan Gasibu, yang dihadiri seluruh pasangan calon gubernur/wakil gubernur.

KPU Provinsi Jawa Barat membagi lima zona kampanye, yakni zona Jabar Tengah, Timur, Barat, Utara dan Jabar Selatan.

Untuk Jabar Tengah terdiri dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur.

Selanjutnya zona timur meliputi Kabupaten Indramayu, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang.

Selanjutnya zona Jabar Utara ialah Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang.

Kemudian zona Jabar Barat yang meliputi Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi.

Terakhir zona Jabar Selatan yang meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar.



Ali Khumaini


Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013