Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Jemaah calon haji asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang akan diberangkatkan pada tahun ini sebanyak 1.626 orang yang dibagi menjadi empat kelompok terbang (kloter)?

"Jemaah calon haji tersebut akan berangkat dalam kloter 33, 45, 53 dan 86," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, Abas Resmana di Sukabumi, Senin.

Menurut dia, jemaah calon haji yang diberangkatkan pada tahun ini sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

Saat ini jemaah calon haji tersebut sudah mengikuti bimbingan manasik haji yang di laksanana di Komplek Pusat Pengembangan Dakwah Islam (Pusbangdai) Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.?

Manasik haji ini harus diikuti oleh setiap calon jemaah karena ada beberapa bimbingan dari?Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) tentang tata cara beribadah haji serta bagaimana cara menjaga kesehatannya karena cuaca di Mekkah, Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia, khususnya Sukabumi.

Sementara,?Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan jemaah calon haji yang akan berangkat harus mempersiapkan diri dari sekarang dan selalu menjaga kesehatannya jangan sampai saat akan berangkat atau sampai di tanah suci malah sakit.

"Haji merupakan rukun Islam kelima, untuk melakukan ibadah ini tidak hanya mampu dalam keuangan saja, tetapi fisik, mental dan rohani pun harus siap menjalaninya. Sehingga perlu persiapan sejak dini jangan sampai ada hambatan," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018