Cikarang, Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Polda Metro Jaya (PMJ) memastikan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 di Kabupaten Bekasi berlangsung kondusif usai melakukan pemantauan di sejumlah titik wilayah tersebut.

"Aman dan terkendali, proses Pilkada serentak di Kabupaten Bekasi kondusif," kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Purwadi di Cikarang, Rabu.

Didampingi Kapolres Metro Bekasi, Wakapolres, serta jajaran pejabat utama Polres lainnya, Wakapolda memantau proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 6 dan 7 Desa Sukamahi Kecamatan Cikarang Pusat.

Dilanjutkan ke TPS 3 dan 4 Desa Sukaresmi Kecamatan Cikarang Selatan dan terakhir di TPS 22 dan 23 Kelurahan Sertajaya Kecamatan Cikarang Timur. Selain di Kabupaten Bekasi Polda Metro Jaya juga turut memantau sejumlah TPS di daerah lain yang turut melaksanakan pemungutan suara Pilgub Jawa Barat seperti di Kota Depok dan Kota Bekasi.

Menurut Purwadi suasana kondusif ini tidak terlepas dari hasil pemetaan terhadap wilayah rawan yang telah berhasil diatasi pihaknya serta penambahan jumlah personel pengamanan Pilkada serentak.

"Kita pertebal personel baik dari TNI, Polri dan BKO Polda Metro Jaya. Jadi ada anggota di Jakarta yang tidak melaksanakan pengamanan Pilkada kita geser ke Polres, salah satunya ke Polres Metro Bekasi," katanya.

Untuk Kabupaten Bekasi disiapkan ratusan personel Polda untuk membantu seribu lebih personel Polres Metro Bekasi Kabupaten sehingga pengamanan dari aparat kepolisian sendiri dirasa mencukupi.

"Semua sudah diantisipasi. Kami tidak bekerja sendiri. Ada TNI, Bawaslu, dan masyarakat juga turut mengawasi. Ingat pesta demokrasi buat kita gembira," katanya.

Kapolres Metro Bekasi Kabupaten Kombes Pol Candra Sukma Kumara menambahkan untuk pengamanan Pilgub Jabar di wilayah hukum Kabupaten Bekasi pihaknya menurunkan 2.345 personel yang terdiri atas 1.465 anggotanya ditambah 880 personel dari Polda Metro Jaya, dibantu 650 aparat TNI, Linmas, serta pihak terkait lainnya dengan total mencapai 10.053 personel gabungan.

"Mereka bertugas di 3.994 TPS yang tersebar di 187 Desa dengan total jumlah pemilih 1.845.447 dan 118.287 pemilih non KTP Elektronik," katanya.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto dan Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018