Cibinong, Bogor (Antaranews Megapolita) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto melakukan pengecekan terkait kesiapan dan pelaksanaan pemungutan suara untuk pemilihan kepala daerah tingkat provinsi dan kabupaten di tempat pemungutan suara (TPS) pada wilayah Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.
   
"Ini dilakukan pada TPS-05, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, pada pukul 09.00 Wib," kata Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Cibinong, Rabu.
   
Menurut dia, pengecekan itu guna melihat anggotanya dalam melakukan pengamanan pada setiap TPS.
   
Selain itu, sebagai cara di mana kesiapan dan kesiagaan anggota Polri adalah faktor terpenting untuk menjalankan tupoksi maupun kewenangannya guna menjaga kondusivitas pada wilayah hukumnya.
     
Dalam pengecekan tersebut juga untuk lebih memastikan kesiapan logistik-logistik Pilkada 2018 sudah lengkap dan tersalurkan di Wilayah Kabupaten Bogor.
   
Kemudian juga untuk memastikan di agar masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya secara bebas, tanpa adanya paksaan atau intimidasi dari orang lain maupun oknum yang memiliki kepentingan.
   
"Itu berjalan lancar dan tanpa adanya kendala apapun, namun kesiapan maupun armada tambahan sudah diterjunkan sebanyak 100 anggota Brimob," kata kaolda lagi.
   
Ia menegaskan pula bahwa Polri berikut jajarannya di tingkat daerah (kota-kabupaten) dan provinsi harus tetap bersikap netral.
   
Pasalnya, hal itu sudah menjadi kewajiban bahwa seorang anggota kepolisian harus tetap menjunjung kedaulatan bersama dan tetap fokus pada ugas pokoknya.
     
Sementara itu, Kepala Polres Bogor, AKBP Andi M Dicky mengatakan, pengamanan sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 ini.
   
Hal itu dikarenakan dengan mempersiapkan sejak jauh-jauh hari, maka bila ada suatu permasalahan dapat segera dingambil tindakan guna mengamankan dan menjalankan tugasnya, sehingga selama pelaksanaan Pilkada berlangsung dapat berjalan aman, dan masyarakat dapat menerima hasil penghitungan suara akhir. (ANT-BPJ). 

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018