Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pilkada serentak 2018 di Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai mempersiapkan pendirian Tempat Pemungutan Suara (TPS) pascadimulainya distribusi logistik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Pada Pilkada kali ini ada dua TPS yang sedang kita siapkan, masing-masing TPS 45 dan 46 di RW 13 Perumahan Pondok Mitra Lestari (PML), Jatiasih," kata Anggota KPPS TPS 45 PML Wing Darmawan (49) di Bekasi, Sabtu.

Menurut dia, dua TPS itu masing-masing berlokasi di Pendopo RT08 RW13 untuk TPS 45 dan di RT13 RW13 PML untuk TPS 46.

Pihaknya hingga siang ini telah merampungkan pendirian TPS 45 melalui dana swadaya kas RT menyusul belum cairnya honor operasional TPS dan petugasnya dari KPU Kota Bekasi.

Sejumlah komponen pelengkap TPS yang disiapkan di antaranya penyewaan tenda, pembelian bendera Merah-Putih, umbul-umbul, makan dan minum petugas, spanduk dan lainnya.

"Total dana swadaya yang kita siapkan untuk satu TPS ini disesuaikan dengan alokasi yang dijanjikan KPU per TPS senilai Rp750.000. Kita pakai dulu uang pribadi warga," katanya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua RT06 itu mencatat jumlah Daftar Pemilih Tetap di TPS 45 mencapai 687 pemilih, sedangkan TPS 46 berjumlah 694 pemilih.

"Saat ini persiapan TPS kita sudah 80 persen sejak dimulai pada Sabtu (9/6), tinggal tunggu dropping bilik suara, surat suara dan lainnya," katanya.

Wing mengatakan, TPS 45 akan mengadopsi budaya Betawi dalam ornamen hiasan TPS sebagai visualisasi budaya daerah di wiklayah itu.

"Seluruh petugas TPS nantinya akan kita berikan pakaian Betawi agar lebih unik dan meriah," katanya.

Sementara itu, Anggota KPPS TPS 46 Wibowo mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih fokus pada pendistribusian undangan pemilihan kepada warga yang berhak pilih di wilayahnya.

"Untuk TPS 46 akan kita bangun mulai Minggu (24/6) hingga Selasa (26/6) setelah proses pendistribusian undangan selesai," katanya.

Pihaknya juga berniat mengalokasikan dana swadaya untuk penyewaan tenda, sebab TPS 46 membutuhkan dua tenda karena lokasinya yang tidak terlindungi pohon rindang," katanya.

Sementara itu, KPU Kota Bekasi telah mengalokasikan anggaran total Rp13 miliar untuk operasional 3.030 TPS di 56 kelurahan dan 12 kecamatan Kota Bekasi untuk kegiatan pemungutan suara Pilkada 2018.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018