Sukabumi, 19/11 (ANTARA) - Bencana puting beliung di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sedikitnya telah menghancurkan 900 bangunan yang terdiri rumah, warung, musola dan lainnya.

"Dari data sementara sedikitnya 900 bangunan yang rusak akibat bencana puting beliung di Kecamatan Cikidang," kata Kepala Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bedncana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Perry A Furqon kepada ANTARA, Sabtu.

Menurutnya, kejadian bencana puting beliung yang terjadi pada Jumat sore ini cukup besar, dari data sementara ada lima desa yang terkena bencana ini yang diantaranya, Desa Cikidang, Desa Pangkalan dan Nangkabeurit.

"Mayoritas bangunan mengalami rusak ringan yang rata-rata rusak pada bagian atapnya," tambahnya.

Lebih lanjut, untuk rumah yang rusak dari pendataan sementara ada sebanyak 415 unit baik rusak ringan, sedang maupun berat. Perry mengatakan, jumlah ini baru sementara, karena bisa saja jumlahnya bertambah karena pihaknya masih terus melakukan pendataan.

"Kami masih siaga di lokasi bencana khawatir ada bencana susulan, namun pada bencana ini tidak ada korban jiwa," katanya.

Selain itu, Kecamatan Cikidang bencana puting beliung juga melanda Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi dari data BPBD sedikitnya ada 15 rumah yang rusak akibat bencana ini.

"Kami sudah menugaskan petugas penanggulangan bencana ke lokasi, selain itu kami juga dibantu oleh pihak TNI dan Polri," tambah Perry.

Aditya

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2011