Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai melakukan penambalan terhadap sejumlah badan jalan yang rusak atau berlubang di sepanjang koridor mudik Lebaran 2018.

"Target kami jalur mudik sudah mulus pada H-8 Lebaran," kata Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, Widayat Subroto, di Bekasi, Rabu.

Menurut dia, upaya perbaikan jalan rusak dilakukan dengan cara menyisir jalan mulai dari arah Jakarta sampai ke perbatasan Kabupaten Bekasi yang menjadi jalur penghubung Pantai Utara (Pantura).

Ia mengatakan, ada 10 ruas jalan protokol yang menjadi lintasan pemudik di Kota Bekasi yang kini tengah diperbaiki karena berlubang, di antaranya Jalan KH Noer Alie, Jalan Sultan Agung, Jalan Sudirman, Jalan Ir H Djuanda, Jalan Cut Mutia, Jalan M Hasibuan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Chairil Anwar, Jalan Pekayon-Pondok Gede, dan Jalan I Gusti Ngurah Rai.

''Kalau yang statusnya milik provinsi seperti Jalan Siliwangi, kami berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat,'' katanya.

Broto mengatakan, perbaikan jalan rusak menggunakan dana pemeliharaan rutin yang dialokasikan senilai Rp1,6 miliar pada 2018. Menurut dia, penyebab munculnya jalan berlubang dikarenakan lintasan kendaraan bertonase berat serta pengaruh cuaca hujan.

"Lintasan truk beratnya cukup dominan, ditambah situasi cuaca yang terkadang hujan," katanya.

Koridor jalur mudik bagi pengendara motor di Kota Bekasi diantaranya jalur Kalimalang mulai dari Cawang-KH Noer Alie-Chairil Anwar-Kabupaten Bekasi.

Sedangkan, jalur lain seperti dari Pulogadung-Sultan Agung-Sudirman-Juanda-Pantura. Jalur lain Cakung-I Gusti Ngurah Rai-Sudirman-Juanda-Pantura, lalu Cileungsi-Siliwangi-Cut Mutia-Pantura.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018