Bogor (Antaranews Megapolitan) - Alumni muda Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tergabung dalam Swan Statistics berhasil meluncurkan aplikasi pengolahan data secara statistik yang memiliki berbagai keunggulan. Aplikasi tersebut diberi nama Swanstat.

Swanstat adalah aplikasi berbasis web yang dapat memberi kemudahan dalam menganalisis data secara statistik. Aplikasi ini sangat cocok untuk keperluan akademisi, instansi, dan perusahaan swasta. Pengguna tidak perlu membuat coding data sepeti pada program R (sebuah software open source untuk menganalisis data secara statistik) serta tidak perlu membeli lisensi seperti halnya software komersial. Aplikasi ini  dapat digunakan secara gratis. Pengguna hanya butuh koneksi internet, siapkan data yang akan  dianalisis, pilih metode lalu  hasil diperoleh.

Dr. Bagus Sartono, dosen Departemen Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB menyampaikan rasa bangga terhadap founder Swanstat yang  merupakan alumni Statistika FMIPA IPB.

Hazan Azhari Zainuddin, CEO Swan Statistics menjelaskan sebelumnya swan aktif memberikan pelatihan analisis statistik. “Dari sinilah kemudian lahir swanstat sebagai buah dari kegelisahan perlu lahirnya sebuah aplikasi statistik yang dapat digunakan dengan mudah dan tanpa perlu membayar”.

Departemen Akademik Forum Wacana IPB Bekerjasama dengan Swan Statistics mengadakan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Statistika Online bertempat di LSI Gedung Baru Lantai 2, Kampus IPB Dramaga, pertengahan bulan lalu.

Anda bisa meng-klik http://bit.ly/swan_data untuk mencoba aplikasi. Besar harapannya, aplikasi ini dapat membantu banyak orang yang terkendala dalam proses analisis data.(Ap/Ris)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018