Bogor (Antaranews Megapolitan) - Fitri Kinasih Husnul Khotimah, mahasiswa Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil meraih Juara I lomba menulis dalam rangka peringatan hari kartini yang diselenggarakan oleh Agrianita IPB. Pengumuman pemenang lomba dilakukan saat puncak peringatan Hari Kartini di Auditorium Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga (26/4).

Fitri Kinasih mulai menyadari bakat menulisnya sejak SMP yang kebetulan berada di lingkungan Pesantren. Setiap kali liburan, Fitri selalu mendapat tugas laporan. Laporan kegiatan selama liburan harus dibuat menjadi cerpen.

Fitri punya cara lain yakni dengan  membuat laporan berupa buku diary. Di pondok pesantrennya, seorang santri dituntut harus bisa menulis. Ustadzahnya pernah menyampaikan bahwa saat kita tiada, maka karya tulis kita menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain yang membacanya.

Tidak hanya itu, bakat menulisnya terbentuk karena orang tuanya selalu membacakan dongeng sebelum tidur untuknya. Ketika masuk SD, cerita dongengnya habis, Fitri diminta untuk menulis dongengnya sendiri oleh kedua orang tua yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang sastra.

“Pada lomba ini saya membuat tulisan berjudul “Ecofunopoly Karya Nyata Kartini IPB”. Saya tertarik menulis tentang sosok Annisa Hasanah, seorang alumni IPB yang sewaktu menjadi mahasiswa berhasil menciptakan sebuah permainan edukatif untuk anak-anak. Selain berbisnis Annisa Hasanah juga memperhatikan aspek lingkungannya,” ujarnya.

Fitri memiliki cita-cita ingin menjadi pebisnis dan penulis. Dalam waktu dekat, dengan beberapa rekan rekannya di SMP, Fitri akan membuat media online dengan nama besoksenin.co. Media ini merupakan media yang mengangkat potensi wilayah Majalengka.

“Kenapa kami beri nama besoksenin.co, karena pada sebagian orang menghadapi hari senin cenderung tidak suka atau monster day. Media besoksenin.co, menyajikan cerita-cerita ringan. Dalam media ini ada berbagai konten menarik yang disajikan diantaranya ada segmen anak muda yang dikemas dengan gaya bahasa anak muda. Dalam kolom opini pun dikemas dalam gaya bahasa yang ringan.

Dengan kemenangan ini, Fitri berharap semakin banyak kesempatan baginya untuk menulis, juga mengikuti kompetisi-kompetisi menulis lainnya.

“Saya juga ingin punya bisnis makanan yang turut memperhatikan aspek sosial,” ujar mahasiswi semester 6 ini.(dh/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018