Karawang (Antaranews Megapolitan) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengagendakan operasi pasar murah di sejumlah daerah sekitar Karawang selama bulan Ramadan.

"Rencananya, operasi pasar murah itu akan digelar di enam titik," kata Sekretaris Disperindag setempat Rakhmat Gunadi, saat dihubungi di Karawang, Minggu.

Enam titik yang telah diagendakan itu ialah wilayah Kecamatan Cikampek, Tirtamulya, Banyusari, Cilebar, Tegalwaru, dan Kecamatan Jayakerta.

Ia mengatakan, operasi pasar murah dilakukan di antaranya bertujuan untuk mengendalikan harga di pasar agar tidak melonjak, serta untuk membantu masyarakat miskin.

Operasi pasar murah tersebut akan digelar dengan bekerja sama pihak terkait seperti Bulog, Dinas Pangan Karawang, dan instansi lain.

Sekretaris Tim Pengawas Pangan Terpadu Karawang Kadarisman, mengatakan operasi pasar murah menjadi strategi pemkab dalam mengupayakan pengendalian harga.

Selain itu, selama Ramadan nanti pihaknya akan menurunkan tenaga pengawas harga di lapangan, untuk mengetahui kepastian harga yang dilaporkan mereka di sejumlah pasar setiap harinya.

Menurut dia, kemungkinan kenaikan harga bahan pokok di pasar pada Ramadan itu tidak dapat dihindari. Karena itu, pihaknya menyiapkan kegiatan operasi pasar untuk melakukan pengendalian harga.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018