Bogor (Antaranews Megapolitan) - Agrianita Institut Pertanian Bogor (IPB) gelar Pemeriksaan Kesehatan dalam rangka menyambut Hari Kartini di Landhuis Kampus IPB Darmaga, (12/4). Menurut Ketua Agrianita IPB, Neno Arif Satria, acara pemeriksaan kesehatan dengan momography dan USG untuk Deteksi Kanker Payudara ini penting dilakukan sejak awal dari pada terlambat terdeteksi. Dalam kesempatan ini Agrianita IPB memberikan 120 kartu periksa gratis untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) IPB  golongan I dan II.

Neno mengatakan setiap warga IPB perlu melakukan pemeriksaan kesehatan minimal sekali setahun. Selama 16 tahun terakhir, Agrianita IPB selalu menggelar acara pemeriksaan kesehatan dan tahun ini dilaksanakan pada bulan April bertepatan dengan peringatan Hari Kartini.

“Ada beberapa kendala warga IPB untuk tidak melakukan pemeriksaan kesehatan. Bisa terkendala waktu, karena dilaksanakan di hari kerja atau adanya ketakutan pada diagnosis yang muncul. Sehingga kesiapan mental pun ternyata perlu,” ujarnya.

Neno berharap setiap tahun animo warga IPB akan pentingnya pemeriksaan kesehatan meningkat. Dan agar dapat menjangkau semua warga IPB, Ia ingin pemeriksaan kesehatan ini dilakukan setidaknya per enam bulan sekali untuk melayani  isteri dosen, dosen dan tenaga kependidikan wanita.

“Karena pemeriksaan mamography ini terbatas hanya 50 orang per hari dan melihat pendaftaran meningkat, akhirnya kita gandeng Yayasan Love Pink. USG pun terbatas, dalam satu hari kapasitas hanya untuk pemeriksaan  15 orang. Supaya seluruh wanita yang ada di IPB dapat memeriksakan kesehatannya, saya berencana paling tidak tiga bulan sekali ada kegiatan yang sama. Saya ingin 1000 orang di IPB bisa melakukan mamography. Harapan saya wanita yang ada di IPB sehat semua,” ujarnya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Maria Rienekso menyampaikan acara pemerikasaan kesehatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kartini. Sebelumnya, Agrianita menggelar nonton bareng film Pinky Promise (perjuangan penderita kanker payudara). Hari ini jadwalnya pemeriksaan kesehatan untuk warga IPB di Kampus Dramaga. Untuk Kampus Baranangsiang akan diadakan pekan depan (19 April 2018), dan pada 26 April 2018, ada kegiatan Kartini IPB Berkarya Nyata.

“Pemeriksaan kesehatan saat ini meliputi deteksi dini kanker payudara melalui mamography dan USG payudara. Selain itu, kita juga ada pemeriksaan kesehatan kolesterol, gula darah, kadar oksigen darah kerjasama dengan poliklinik IPB. Pemeriksaan luka kaki sakit diabetes, akupunktur kesehatan dan dimeriahkan oleh bazar,” ujarnya.

Agrianita juga menghadirkan Martha Roida Manurung dari Yayasan Kanker Indonesia. Martha menjelaskan terkait pengertian tumor dan kanker. Ia menjelaskan tumor merupakan benjolan abnormal yang terdapat pada tubuh. Sementara pertumbuhan tidak normal dari jaringan tubuh yang berubah sifat jadi ganas disebut kanker. Yang berbahaya dari kanker adalah bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain (tulang, hati, otak).

Data tahun 2016, ditemukan sebanyak 1.101 kasus baru yang tercatat di Yayasan Kanker Indonesia Rumah Sakit Dharmais. Kanker payudara bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Laki laki itu perbandingannya  1:1000 pria beresiko, tapi wanita 1: 8.

“Sadari atau periksa payudara sendiri  merupakan cara mengetahui ada tidaknya kelainan pada payudara. Pemeriksaan ini bisa dilakukan sendiri oleh pasien di rumah setiap bulannya,” ujarnya.(dh/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018