Bekasi (Antaranews Megapolitan) - PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek mencatat sedikitnya 61.000 unit kendaraan melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada hari perdana libur Paskah 2018, Sabtu.

"Jumlah ini mengalami puncaknya yang terjadi pada Kamis (29/3) sebanyak 82.000 unit kendaraan melintasi GT Cikarang Utama arah Cikampek," kata Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Irwansyah di Bekasi.

Menurut dia, jumlah itu mengalami peningkatan sekitar 31 persen bila dibandingkan volume lalu lintas harian normal di GT Cikarang Pusat sebanyak 63.000 unit kendaraan.

"Hari ini tercatat 61.000 kebih kendaraan melintasi GT Cikarang Utama arah Cikampek. Mereka ada yang mengarah ke Bandung, Cikampek dan sejumlah kawasan sekitarnya," katanya.

Irwansyah mengatakan, kondisi lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek saat ini masih terpantau lancar.

"Kepadatan hanya terjadi saat pagi hari saja. Hal tersebut disebabkan ada beberapa lokasi yang mengalami penyemitan seperti di KM29, KM33 dan KM38," katanya.

Dikatakan Irwansyah, kemacetan juga dipicu oleh tingginya minat pengendara dalam memanfaatkan jalur Tol ?Jakarta-Cikampek sebagai jalur alternatif pemudik yang menuju Jawa Barat, Jawa Tengah serta Jawa Timur dan sekitarnya.

"Guna mengurai kepadatan lalu lintas di lokasi tersebut, Jasa Marga berkoordinasi dengan pihak kepolisian melakukan sejumlah upaya, di antaranya optimalisasi kapasitas lajur dengan `contra flow` di KM29 - KM44 dari pukul 08.40 - 14.00 WIB," katanya.

Pihaknya juga mengoptimalkan kapasitas transaksi di GT Cikarang Utama dengan mengoperasikan 16 gardu operasi sekaligus.?

"Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu, mengikuti arahan petugas di lapangan dan memastikan kecukupan saldo etoll sebelum memasuki jalan tol," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018