Bogor (Antaranews Megapolitan) - Pengunjung Kebun Raya Bogor yang terletak di Kota Bogor Jawa Barat, Jumat mengalami lonjakan dari hari-hari biasanya yakni mencapai 7.061 orang wisatawan.

"Jumat biasanya sepi, tetapi karena Jumat ini hari libur pengunjung melonjak dari hari biasanya," kata Kepala Subbagian Kerja sama dan Informasi Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Bogor-LIPI Rosniati Apriani Risna, kepada Antara.

Risna mengatakan dari 7.061 orang pengunjung tersebut seluruhnya merupakan wisatawan domestik. Kebun Raya Bogor juga ramai dikunjungi wisatawan asing, hari ini jumlahnya mencapai 65 orang.

Jika dibandingkan hari sebelumnya Kamis (29/3) jumlah pengujung Kebun Raya Bogor hanya 3.528 wisatawan domestik dan 33 wisatwan mancanegara.

Risna mengatakan selama libur panjang akhir pekan bertepatan dengan libur Paskah, Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Bogor LIPI selaku pengelola meningkatkan jumlah pelayanan khususnya SDM petugas tiketing dan pengawas loket.

Ia mengatakan hari biasanya hanya ada empat pengawas tiketing, di hari libur ini ditambah menjadi delapan orang. Ditambah dua orang untuk penanggungjawab untuk seluruh loket pelayanan.

"Hari libur ini ada empat pintu yang dibuka, yakni pintu satu atas dan pintu satu bawah, pintu dua, dan pintu tiga," katanya.

Kebun Raya Bogor menjadi salah satu objek wisata yang ada di pusat Kota Bogor. Menyimpan ribuan koleksi tanaman dari yang langkah hingga berusia ratusan tahun.

Kebun Raya tertua di Asia Tenggara ini tahun ini memasuki usia 201 tahun. Menjadi tempat favorit bagi keluarga untuk berpiknik bersama keluarga.

Hari ini cuaca Kota Bogor juga mendukung pengunjung dapat menikmati keteduhan kebun raya sejak pagi sampai pukul 16.00 WIB ketika hujan mulai mengguyur Kota Bogor.



T.KR-LR

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018