Bogor (Antaranews Megapolitan) - Kementerian  Lingkungan Hidup, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Bogor melaksanakan kegiatan “Mulung Ciliwung” (24/2).  Kegiatan tersebut merupakan aksi kolaborasi Kementerian Lingkungan Hidup KM IPB dan KPC Bogor dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2018, yang serentak secara nasional diadakan pada tanggal 17-25 Februari. Kegiatan ini diisi dengan aksi pungut sampah di bantaran sungai Ciliwung.

Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (KSHE) Fakultas Kehutanan (Fahutan) IPB, Hisyam Abdulloh, mengatakan, aksi Mulung Ciliwung ini bertujuan untuk lebih bersahabat dengan lingkungan. “Sungai merupakan air permukaan yang sangat dekat dengan manusia, sehingga kelestariannya perlu untuk selalu dijaga. Sungai Ciliwung merupakan tempat yang paling terkenal sebagai sungai yang kotor. Dengan aksi ini kami mengajak diri kami pribadi dan mengajak orang lain supaya lebih sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan bersama,” ujar Hisyam.

Hari Peduli Sampah Nasional ini mendapatkan partisipasi dari banyak pihak, antara lain mahasiswa IPB, siswa Sekolah Bogor Raya, mahasiswa Universitas Pakuan, PMI Bogor, dan  Chelsea Indonesia Fans Club.

Kegiatan ‘Mulung Ciliwung’ oleh KPC Bogor dilakukan setiap seminggu sekali, yaitu di hari Sabtu. “Kami berharap agar semakin banyak yang berpartisipasi di setiap aksinya, serta menjadi program yang berkelanjutan baik itu dari warga Bogor maupun mahasiswa IPB,” kata Hisyam. (SMH/nm)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Hisyam Abdulloh

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018