Bogor (Antaranews Megapolitan) - Six University Initiative Japan Indonesia (SUIJI) merupakan konsorsium antara tiga perguruan tinggi di Jepang (Ehime University, Kagawa University, dan Kochi University) dan tiga perguruan tinggi di Indonesia (Institut Pertanian Bogor (IPB); Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Hasanudin (Unhas)).

Salah satu bentuk aktivitas dalam konsorsium ini adalah Service Learning Program (SLP) yang merupakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional yang diselenggarakan setiap tahun.  Penyelenggaraan SUIJI SLP di IPB merupakan koordinasi erat antara Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir, Direktorat Program Internasional, dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Tahun 2018 ini, 51 mahasiswa dari Jepang dan 34 mahasiswa IPB akan melaksanakan program di sejumlah desa di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tegal. Sebagai awal rangkaian program SUIJI SLP 2018, orientasi pelaksanaan program telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Februari 2018 di Ruang Kelas FDR Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB.

Pada kesempatan ini, Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB, Dr. Alim Setiawan Slamet, menyampaikan welcome remarks mewakili Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB. Sementara, informasi mengenai IPB dan sejarah panjang kerja sama melalui konsorsium SUIJI disampaikan oleh Direktur Program Internasional, Prof. Dr. Iskandar Z. Siregar.

Dosen pendamping delegasi SUIJI SLP, Prof. Dr. Shigeyuki Tajima dari Kagawa University juga menyampaikan tujuan utama dan nilai-nilai yang diharapkan dicapai oleh mahasiswa peserta SUIJI SLP setiap tahunnya. Ir. Yannefri Bakhtiar MSi dan Dr. I Wayan Astika memaparkan detail pelaksanaan program SUIJI SLP 2018 kepada para peserta, termasuk program pengelolaan sampah berkelanjutan yang menjadi program unggulan SUIJI SLP.

Pelaksanaan orientasi bagi peserta SUIJI SLP 2018 ini juga didukung oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) IPB. Peserta SUIJI SLP melaksanakan program mulai tanggal 25 Februari hingga 9 Maret 2018, yang akan diakhiri dengan presentasi hasil kegiatan pada tanggal 12 Maret 2018 di IPB.

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018