Depok (Antaranews Megapolitan) - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bekerja sama dengan Honeywell Hometown Solutions meresmikan laboratorium kendali canggih yang terintegrasi pertama di Indonesia.

"Laboratorium kendali ini memungkinkan FTUI menerapkan konsep building integration yang biasa digunakan gedung-gedung modern," kata Kepala Humas dan KIP UI, Dr Rifelly Dewi Astuti, di kampus UI Depok, Kamis.

Ia mengatakan kemampuan integrasi yang bisa dilakukan diantaranya adalah sistem kontrol listrik untuk penghematan energi, akses kontrol pintu dengan kartu UI, pengawasan CCTV, pencatatan penggunaan energi listrik, dan monitoring alarm kebakaran.

Dalam peresmian tersebut dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Joseph R. Donovan Jr. (Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia); Kerry Kennedy (Direktur Honeywell Hometown Solutions); Lydia Lu (Vice President of Asia HGR Communications); serta perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir yang hadir dalam acara peresmian tersebut dalam sambutannya mengatakan pemberian bantuan laboratorium otomasi tersebut sangat penting dalam memajukan pendidikan tinggi di Tanah Air, terutama dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

"Amerika Serikat mempunyai pengalaman tinggi dalam teknologi. Kami berharap kerja sama ini terus bisa ditingkatkan karena riset sangat penting bagi negara kami," katanya.

Menristekdikti juga mendorong perguruan tinggi melakukan kolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya yang ada di dunia untuk meningkatkan penelitian dan juga mutu perguruan tinggi tersebut.

Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis mengatakan bangga dengan laboratorium tersebut dan ini merupakan universitas pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas canggih yaitu di Fakultas Teknik.

"Kami juga berterima kasih kepada Honeywell atas komitmen dan dukungannnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan teknik di Indonesia," katanya.

Fasilitas tersebut diharapkan menjadi nilai tambah bagi program teknik sehingga mahasiswa dapat mempelajari teknologi terkini dari industri otomasi gedung dan sistem kendali. Kampus Fakultas Teknik UI menjadi pertama di Indonesia yang terhubung dengan Honeywell Building Technologies.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018