Bogor, 25/12 (ANTARA) - Taman Wisata Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, menggelar Pasar Buah Nusantara untuk memeriahkan liburan Natal dan Tahun Baru 2013.

"Pasar Buah Nusantara ini menghadirkan wisata belanja dan edukasi keunikan buah-buah lokal Indonesia," kata Public Relations Mekarsari Putri Ayu Pratami.

Pasar Buah Nusantara mekarsari berlangsung dari 23 Desember hingga 1 Januari berpusat di Festival Point Taman Wsiata Mekarsari.

Berbagai kegiatan digelar diantara Farmers Market yang menyediakan area gratis kepada petani buah untuk menjual secara langsung buah yang dihasilkan dari kebunnya tanpa perantara.

Ada juga bazar buah, yang dikemas menyerupai pasar tradisional khusus buah yang nyaman dan bersih.

"Pameran buah unik nusantara memperkenalkan produk buah unik dan buah komersil kepada pengunjung," ujar Putri.

Selain bisa membeli dan melihat aneka buah nusantara, pengunjung juga bisa menikmati kuliner buah di saung Icip-icip yang menyajikan berbagai olahan buah yang dikemas sebagai minuman dan makanan.

Pasar buah nusantara juga menampilkan hiburan dan pertunjukan band, Demo on Stage seminar singkat mengenai manfaat dan olahan buah.

sementara itu, pelaksana acara Pasar Buah Nusantara Mekarsari, Firman Setiawan mengatakan, berbagai lomba digelar dalam kegiatan tersebut diantaranya, lomba foto buah dengan menggunakan kamera handphone, lomba menggambar buah untuk anak-anak sekolah dasar dan lomba membuat rujak.

"Setiap pengunjang bisa ikut perlombaan gratis tidak dipungut biaya. Pemenangnya akan diumumkan pada 31 Desember nanti dan berhak mendapat berbagai hadiah," katanya.

Menurut Firman, Pasar Buah Nusantara pertama kali digelar oleh Mekarsari. Ini merupakan acara awal dari pelaksanaan Parade Buah Nusantara yang akan digelar pertengahan 2013 mendatang.

Ia mengatakan, motivasi diselenggarakannya kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya mendukung program pemerintah mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi buah lokal.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa buah-buah lokal Nusantara ini tidak kalah dari buah impor yang memiliki kandungan vitamin dan kesegaran lebih dari buah luar negeri," katanya.

Firman menambahkan, selama tiga hari penyelenggaraan Pasar Buah Nusantara, antusias pengunjung terhadap kegiatan tersebut cukup banyak.

Hal ini terlihat dari jumlah pengunjung yang datang hampir rata-rata mencapai 100.000 orang.

"Dari pengamatan kita, pasar buah yang kita gelar selalu rame pengunjung. Begitu juga stand icip-icip buah yang awalnya kita menyediakan 400 mangkung langsung habis dibeli," katanya.

Menurut Wulan (27), salah satu pengunjung, mengaku tertarik dengan adanya pasar buah nusantara tersebut karena dirinya bisa membeli buah-buah segar lansung dari petani buah yang ada.

"Menarik acaranya, apalagi bisa beli buah dan puas ikuti lomba," katanya.

 
Laily R

 

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012