Bogor, 25/12 (ANTARA) - Arus lalu lintas di jalur Puncak pada liburan Natal dan Tahun Baru tiap harinya selalu padat, sehingga petugas kepolisian memberlakukan sistem satu arah pada pagi dan sore hari.

"Kepadatan arus di Puncak sudah terjadi sejak 21 Desember," kata Kapolres Bogor, AKBP A Safrudin saat ditemui di Pos Polisi Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.

Petugas Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah di kawasan Puncak.

Kapolres mengatakan, mengantisipasi kepadatan, petugas memberlakukan sistem satu arah dalam satu hari dua kali yakni pagi dan sore.

"Pagi untuk mendorong kendaraan naik ke Puncak, dan sore untuk mendorong turun dari Puncak," katanya.

Menurut Kapolres mulai 21 Desember rata-rata kendaraan yang keluar tol Jagorawi mencapai 30.000, dan 80 persen kendaraan tersebut menuju kawasan Puncak.

Ia mengatakan, untuk mengurai kepadatan kendaraan, selain memberlakukan sistem satu arah, Polres Bogor mengerahkan 700 personel yang terdiri atas jajaran Polres dan Polsek setempat mengatur lalu lintas.

"Meski padat, pengaturan arus dan penguraian kepadatan dapat dioptimalkan sehingga tidak terjadi kemacetan signifikan," katanya.

Sementara itu, pantauan di Simpang Gadog, sistem buka tutup sore hari diberlakukan pukul 15.30 WIB. Antrean kendaraan terlihat dari simpang Gadong hingga RS Ciawi.

Kepadatan arus lalu lintas di kawasan Puncak terjadi di sejumlah titik seperti Megamendung, Cisarua, Pasar Cisarua, TSI, Taman Wisata Matahari, Riung Gunung, Attawaun dan Rindu Alam.

Laily R

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012