Banjarmasin (Antaranews Megapolitan) - Dukungan terhadap Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 terus mengalir, antara lain datang dari SIWO PWI Pusat.

Ketua Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Pusat Raja Pane mendukung Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Banjarmasin, Jumat mengatakan, saat bertemu dengan Ketua SIWO, di Padang, Sumatera Barat, Kamis (8/2) malam, pihaknya banyak membicarakan tentang persiapan PON 2024.

Pertemuan yang diinisiasi PWI Kalimantan Selatan ini, bertujuan untuk mengingatkan kembali, bahwa dukungan itu telah disepakati pada saat rapat kerja nasional Siwo 2016 di Banjarmasin.

"Pada tahun 2016 Rakernas Siwo PWI di hotel Grand Mentari Banjarmasin, telah disepakati bahwa Kalsel akan menjadi tuan rumah PON 2024," katanya.

Dirinya mengatakan, beberapa provinsi di Indonesia juga tengah mempersiapkan diri untuk maju mencalonkan diri menjadi tuan rumah PON 2024 seperti Sumatera Utara & Aceh , Bali & Nusa Tenggara Barat dan Sumatera Barat.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan, pada tahun 2019 yang menjadi tuan rumah PON adalah Papua yang berada di kawasan Indonesia bagian timur dan sudah saatnya pada tahun 2024 nanti Kalimantan Selatan menjadi wakil Indonesia bagian tengah.

Ditambahkan Gubernur, Provinsi Kalimantan Selatan terus berbenah untuk menjadi tuan rumah PON. Salah satu upayanya adalah dengan menyiapkan sarana dan prasarana seperti mendata semua venue pertandingan, penginapan dan tempat wisata yang berada di Kabupaten Kota di Kalsel.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Ketua DKP PWI Kalsel, Ketua PWI Kalsel dan salah satu tokoh pers Kalsel, Pangeran H Rusdi Effendi.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor menegaskan mewujudkan provinsinya menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

Ia mengatakan, Pemprov Kalsel sudah mengambil langkah-langkah, baik untuk mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah PON maupun dalam hal pelaksanaannya.

Mengenai arena PON XXI, dia menyatakan, Pemprov Kalsel sudah melakukan persiapan-persiapan, antara lain menginventarisasi rencana tempat pertandingan atau lomba.

Begitu pula untuk pembangunan komplek gelanggang olahraga, yang rencananya akan dimulai pada 2018, lanjutnya seraya mengharap doa serta dukungan seluruh penduduk Kalsel.

"Rencananya tim dari Kementerian Pemuda dan Olahraga akan melakukan verifikasi sekitar Januari - Februari 2018 terkait persiapan dan kesiapan sebagai tuan rumah PON XXI," demikian Paman Birin.

Kalsel saat ini menjadi satu dari tiga calon tuan rumah yang sudah mendaftarkan diri ke KONI Pusat. Dua calon tuan rumah lainnya adalah Sumatera Barat serta Aceh dan Sumatera Utara yang mengajukan sebagai tuan rumah bersama.
Editor: Yuniardi.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018