Sukabumi (Antara Megapolitan) - Wisatawan yang datang ke objek wisata laut Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada hari libur dan cuti bersama Natal 2017 relatif normal dibandingkan pada Sabtu, (23/12).

"Tepat di Hari Raya Natal ini jumlah wisatawan yang datang relatif normal, mayoritas mereka berasal dari dalam Sukabumi dan daerah tetangga," kata Kepala Divisi Operasional dan Latihan Balawista Kabupaten Sukabumi Asep Edom Saepulloh di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, untuk pengawasan dan pengamanan wisatawan yang tengah menikmati liburan tersebut tetap diperketat sesuai petunjuk operasional yang telah ditetapkan dan amanah Operasi Lilin Lodaya 2017.

Dari hasil laporan yang diterima pihaknya, jumlah wisatawan yang datang ke objek wisata laut mulai dari Pantai Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap hingga Pantai Cibangban, Kecamatan Cisolok tepat di Hari Natal ini mencapai belasan ribu pengunjung.

Lanjut dia, hingga saat ini pihaknya juga tidak menerima laporan adanya wisatawan yang mengalami kecelakaan laut seperti tenggelam atau terbawa arus. Namun, petugas penjaga pantai tetap bersiaga karena biasanya ada pengunjung yang bermain atau berenang di luar waktu pengawasan petugas yakni di atas pukul 17.00 WIB.

"Untuk peningkatan pengamanan ini akan berakhir pada 8 Januari 2018. Sehinga jika waktu cuti bersama dan libur Natal usai kami dan rekan penjaga pantai lainnya tetap bersiaga hingga batas waktu yang telah ditentukan," tambahnya.

Sementara, Ketua Forum Koordinasi SAR Daerah Kabupaten Sukabumi Okih Fajri Assidiqie mengatakan mulai dari hari pertama cuti bersama Natal hingga saat ini kondisi keamanan wisatawan di laut terkendali dan tidak ada laporan adanya pengunjung yang mengalami kecelakaan.

Selain itu, pihaknya juga sudah membuka posko pemantauan dan menyiagakan anggotanya untuk melakukan penjagaan. "Kami juga mengimbau kepada wisatawan yang membutuhkan sesuatu seperti obat-obatan dan lain-lain bisa mendatangi pos keamanan dan kesehatan yang sudah disediakan Muspida Kabupaten Sukabumi di beberapa titik di laut," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017