Bogor (Antara Megapolitan) - Alfamart menyediakan laboratorium pengelolaan bisnis ritel berupa Bisnis Center di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.  

Branch Manager Alfamart Cabang Bogor Rinandar Wirasasmita, mengatakan, pihaknya menyediakan laboratorium pengelolaan bisnis di sekolah tersebut, karena sekolah kejuruan bisa memberlakukan kurikulum tambahan. Sehingga siswa bisa mempraktikkan teori yang disampaikan guru di dalam kelas. 

"Diharapkan siswa bisa menjadi pembelajar sejati, baik secara teori maupun praktik," katanya saat meresmikan Bisnis Center Alfamart di SMK Mahardika Kabupaten Bogor, Senin.  



Ia juga berharap agar kerja sama pembangunan Bisnis Center antara PT Sumber Alfaria Trijaya dengan SMK Mahardika itu akan saling menguntungkan kedua pihak.  

Dengan adanya laboratorium pengelolaan bisnis ritel itu, siswa tidak hanya mendapatkan teori. Tetapi juga bisa praktik secara langsung. Siswa juga akan memiliki pengalaman dan keahlian yang terasah dalam program "Alfamart Class" melalui Bisnis Center tersebut.  

Alfamart pun akan mendapatkan calon tenaga kerja terdidik yang disediakan sekolah dengan keterampilan yang diharapkan sudah cukup memadai standar industri ritel saat ini. 

Seiring dengan itu, maka Alfamart ikut serta dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang siap berwirausaha berjaringan atau bisnis ritel, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin tumbuh. 

Untuk menyukseskan program tersebut, Alfamart mengirimkan guru tamu sebagai ahli pengelolaan pemasaran bisnis ritel yang memberikan pelajaran dan pelatihan baik, kepada guru dan murid di bisnis center sekolah tersebut.

Kepala SMK Mahardika Ahmad Jaelani menyatakan pihaknya menyambut baik kerja sama perusahaan Alfamart tersebut, agar sekolah bisa terus mengkaji kebutuhan perkembangan tuntutan keahlian kerja secara ril. 

Pihak sekolah sepakat menyediakan lokasi bisnis center yang akan dibimbing Alfamart secara berkala.

Salah seorang siswi kelas 11 Jurusan Manajemen Pemasaran SMK Mahardika, Rosita (16), terpilih menjadi petugas pembukaan awal Bisnis Center pada peresmian Bisnis Center Alfamart di SMK Mahardika itu.

Ia mengaku mendapatkan keasyikan tersendiri dengan bidang ilmu yang digeluti nya setelah mencoba langsung sistem pencatatan modern keuangan bisnis ritel dari Alfamart.

"Ini akan menjadi pengalaman sekaligus pelajaran berharga bagi saya, jika selama ini kami hanya mendapatkan teori-teori di dalam kelas, sekarang bisa praktik langsung. Di sini kita akan tahu bagaimana menjalankan sebuah usaha," kata dia. 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017