Bogor (Antara Megapolitan) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Area Bogor, Jawa Barat mengerahkan 300 petugasnya yang tersebar di tujuh rayon untuk menjaga keandalan pasokan tenaga listrik dalam rangka siaga Natal dan Tahun Baru 2018.

"Ini sudah menjadi standar operasi prosedur (SOP) PLN setiap hari-hari besar keagamaan, rutin setiap tahun disiapkan untuk menjaga keandalan pasokan tenaga listrik di wilayah area Bogor," kata Asisten Manajer Jaringan PLN Area Bogor Nurhidayanto, usai gelar pasukan dan peralatan pelayanan teknis dalam rangka siaga Natal dan Tahun Baru 2018, di kantor PLN Area Bogor, Kamis.

Untuk menghadapi Natal pihak PLN telah berkoordinasi dengan tiap-tiap gereja yang ada di wilayah jaringan PLN Area Bogor meliputi wilayah kota dan kabupaten.

Koordinasi dilakukan untuk memastikan jaringan listrik di tiap-tiap gereja teraliri dengan baik. Dan mengecek jaringan listrik alternatif yang dimiliki oleh gereja, sebagai antisipasi bila terjadi gangguan.

"PLN menyiagakan bantuan genset untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan," katanya.

Ratusan petugas yang disiagakan meliputi petugas pemelihara jaringan, siaga gangguan (pelayanan andalan), pasukan khusus trabas pohon (ROW) dan petugas pekerja dalam keadaan bertegangan (PDKB).

Menurutnya setiap petugas bekerja secara simultan jadi satu kesatuan tidak bekerja sendiri. Petugas penebang pohon bertugas setiap hari menjangkau jaringan listrik ayng wilayah banyak pohon.

"Musim hujan saat ini gangguan aliran listrik dikarenakan cuaca cukup tinggi, salah satunya gangguan pohon, karena kebanyakan jaringan listrik PLN ada di atas," katanya.

Petugas juga bersiaga melayani laporan masyarakat di setiap rayon-rayon. Bila ada gangguan petugas dapat dihubungi melalui telepon pusat 123, petugas akan meluncur. Apabila terjadi gangguan diupayakan pemadaman tidak berlangsung lama.

"Karena kami punya petugas PDKB yang apabila ada gangguan masih bisa melakukan perbaikan tanpa harus menghentikan jaringan," katanya.

Selain bersiaga menghadapi Natal dan Tahun Baru PLN Area Bogor juga melakukan penandatanganan pakta integritas keselamatan kerja yang diikuti seluruh petugas di tingkat rayon.

"Ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja karena ini menjadi utama. Kita lakukan pemeriksaan alat serta penandatanganan komitmen untuk keselamatan kerja," kaga Nurhidayanto.

Nurhidayanto memastikan pasokan listrik ke pelanggan PLN Area Bogor aman dan tidak ada kendala sehingga masyarakat bisa bisa menikmati libur Natal dan Tahun Baru 2018 dengan tenang dan aman.

"Jaminan yang kami berikan meminimalisir pemadaman. Tetapi jika gangguan terjadi di luar dugaan, makan kita lakukan penormalan dengan segera. Kalaupun padam tidak lama," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017