Jakarta, (Antara Megapolitan) - Dokter Spesialis Gizi Rumah Sakit Medistra Dr. Cindiawaty Pudjiadi mengatakan masyarakat masi mengabaikan cara memasak padahal dengan memasak yang benar merupakan bagian pola hidup sehat.  

"Umumnya ibu dan keluarga Indonesia tahu dan paham soal gaya hidup sehat termasuk bagaimana pola makan sehat bagi keluarganya. Namun yang seringkali diabaikan adalah proses memasaknya," kata Cindiawaty disela kampanye gaya hidup sehat oleh Philips, di Jakarta.

Ia mengatakan sangat disayangkan apabila bahan bakunya sudah sehat, namun proses memasaknya justru menghasilkan makanan yang tidak sehat sehingga gizi makanan tidak maksimal. 

Misalnya proses menggoreng yang tentu saja menggunakan minyak yang banyak. Penggunaan minyak ini akan meningkatkan total asupan kalori seseorang. 

Penggunaan minyak yang banyak kata dia tentu saja dapat meningkatkan resiko seseorang untuk menjadi obesitas. Obesitas, berhubungan dengan berbagai penyakit kronis, seperti hipertensi, penyakit jantung, dan lain sebagainya. 

"Memasak sehat bisa juga dilakukan dengan cara masak yang sederhana, seperti mengurangi penggunaan minyak," katanya.

Sedangkan Chef Arimbi Nimpuno mengatakan banyak resep masakan Indonesia mengandung rempah yang baik untuk kesehatan, namun kebanyakan proses mengolahnya dengan cara digoreng. Seharusnya bisa mengkombinasikan beragam bahan masakan dan mengubah teknik memasak.

Ia mencontohkan dari digoreng menjadi dipanggang atau dikukus yang merupakan solusi pola makan sehat. "Ini yang saya terapkan dirumah untuk saya dan keluarga," katanya.

Sementara itu Head of Personal Health Philips Indonesia Yongky Sentosa mengatakan tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga gaya hidup sehat sudah semakin tinggi. 

Namun secara umum, masyarakat kita masih dalam fase kuratif. Melalui produk dan kegiatan-kegiatannya, Philips ingin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk masuk ke fase preventif sehingga dapat mencegah penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Dalam upaya mendorong masyarakat untuk hidup lebih sehat, pihaknya menghadirkan rangkaian peralatan dapur yang sehat . Misalnya Philips Airfryer yaitu alat menggoreng tanpa atau hanya dengan sedikit minyak, dapat juga dipakai memanggang dan membakar makanan dengan praktis dan mudah. 
Teknologi TurboStar menghasilkan panas secara cepat dan merata tanpa makanan harus dibalik. 

"Pola hidup sehat yang berawal dari rumah adalah investasi setiap orang untuk dapat menjalani masa tuanya dengan sehat, sejahtera dan bahagia," jelasnya.
 
Dikatakannya Philips menyelenggarakan beberapa kegiatan yang diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk hidup lebih sehat dengan peralatan dapur ciptannya.
 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017