Depok, (Antara Megapolitan) - Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menyatakan dukungan terbentuknya Forum Guru Karakter Indonesia (Forguki) dalam mengajar ilmu dan pembentukan karakater Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Saya mengapresiasi dideklarasikannya Forguki yang dapat menjadi mitra binaan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok," kata Pradi dalam deklarasi Forum Guru Karakter Indonesia (Forguki) di Studio Alam TVRI, Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis.

Ia mengatakan bahwa Forguki selain programnya sebagai tempat berorganisasinya para guru pendidikan karakter, memfasilitasi lembaga-lembaga pendidikan dapat dibina disdik untuk mendapat legalitas dari Disdik," ujar Pradi Supriatna didampingi Kabid PAUD Disdik Kota Depok Taty Wijaya.

Sekitar 500-an murid, dari 30 lembaga berbasis semai benih bangsa (SBB) mengikuti pergelaran bakat, kesenian, dan kontes kerjasama buat kolase bersama orangtua masing-masing dengan barang alam.

Untuk perlehatan ini, Forguki jalin kerjasama dan didukung Disdik Kota Depok, YPKS Bunga Cendikia, Lembaga Pemberdayaan Kesejahteraan Persatuan Indonesia (LPKPI), dan Bank Indonesia (BI).

Sementara itu Ketua Forguki Arini Raseukiy menjelaskan, paraguru dan lembaga penyelenggara PAUD ini adalah pendidik berbasis pendidikan karakter semai benih bangsa. Masalah yang mendesak adalah pendampingan guru penyelenggara ssjumlah lembaga SBB guna beroleh izin operasional dari Disdik.

"Kita perlu prihatin sekaligus bangga dengan semangat tulus dari para guru SBB ini. Satu sisi mareka susah bertahun-tahun berdedikasi mendidik, namun selama ini tak tersentuh," katanya.

Ia mengatakan tidak sedikit tak berizin, karena mungkin bagi kita yang sudah biasa dengan birokrasi dan syarat-syarat legalitas PAUD adalah hal biasa, tapi yang tidak biasa, bisa biasa masalah tersendiri.

Arini memberikan apresiasi kepada LPKPI dan BI yang telah bersinergi dengan Forguki. LPKPI menawarkan pelatihan manajemen pengelolaan lembaga PAUD ini.

Pembina LPKPI Dwi Mukti Wibowo mengatakan ini adalah moment yang tepat, LPKPI segera berkerjasama dengan Forguki untuk buat pelatihan manajemen yang difasilitasi oleh para ahli dan profesional menajemen profesional.

"Perlu juga paraguru ini yang punya bakat kewirausahaan lainnya," kata Dwi yang sekaligus mendeklarasikan LPKPI di Kota Depok.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017