Bogor, 27/11 (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor memberi pelatihan untuk Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FKKIM) sebagai wujud peran masyarakat dalam keterbukaan informasi publik.

"Sesuai dengan era reformasi ini pemerintah dituntut harus demokratis, transparan dan akuntabel. Peran masyarakat dalam menyampaikan informasi sangat diperlukan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogorm Luthfie Syam, di Cibinong, Senin.

Luthfie mengaakan, FKKIM harus menjadi mitra dialog Pemerintah Daerah yang dibentuk untuk menyampaikan kebijakan pemerintah serta membantu masyarakat dalam mengenali masalah dan mencari solusinya secara bersama-sama.

Pelatihan FKKIM mengambil tema "Peran?masyarakat dalam menyampaikan informasi" diikuti oleh 16 kelompok informasi yang sudah terbentuk di sejumlah kecamatan.

Pelatihan FKKIM yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor ini menghadirkan sejumlah pembicara di antaranya Prof. Ir. Amiruddin Soleh, MSc selaku dosen Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (KPM) Institut Pertanian Bogor dan DR. Mohammad Sigit Arifianto, Msc, dosen Program Studi Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung

Luthfir menyebutkan, dalam pemerintahan harus demokratis dan melibatkan peran masyarakat.

"Kehadiran Kelompok informasi masyarakat ini sebagai jembatan antara masyarakat dan pemerintah daerah," katanya.

Ia menyebutkan, setiap anggota kelompok masyarakar dituntut untuk memiliki jaringan kuat yang dapat menghubungkan semua pihak dengan pemerintah.

Hal itu bertujuan agar keberadaan pusat informasi bagi masyarakat berfungsi dengan baik, katanya.

Tidak hanya itu saja, lanjut Luthfie,?anggota kelompok informasi masyarakat, harus memiliki pemahaman kesadaran dan komitmen bersama tentang substansi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik sebagai acuan dalam pelaksanaan pelayanan dan pemanfaatan informasi publik secara bertanggung jawab.

Di sisi lain, Ketua FKKIM Kabupaten Bogor, Janter Panjaitan mengatakan, pelatihan yang diikuti oleh anggotanya sangat bermanfaat dengan harapan seluruh anggotanya dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam acara tersebut dengan sebaik-baiknya.


Laily R

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012