Depok, 26/11 (ANTARA) - Sekretaris Perusahaan PT Pertamina (Persero) Nursatyo Argo mengatakan bagi para juara Olimpiade Sains nasional (OSN) mendapat prioritas untuk dapat berkarier di perusahaan perminyakan tersebut.

"Para juara nanti tinggal menjalani tes formal saja, karena mereka sudah mendapat privilege untuk menjadi karyawan Pertamina," kata Nursatyo usai acara Pembukaan Seleksi Nasional OSN Pertamina 2012, di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI) di Depok, Senin.

Menurut dia mulai tahun ini pihaknya memberikan kesempatan pada juara-juara OSN untuk berkecimpung di Pertamina. Pemberian surat previlege Ini yang pertama kali.

Hal itu dilakukan karena banyak mahasiswa juara olimpiade namun tidak dapat bekerja sesuai bidangnya. Tentunya ini menjadi perhatian dan ini salah satu upaya yang kami lakukan.

Sementara itu Pejabat Sementara (Pjs) Rektor Universitas Indonesia (UI) Djoko Santoso mengajak para anak muda untuk membangun dan mengembangkan ilmu untuk itu diperlukan sikap dewasa. Dicontohkan, untuk mengembangkan ilmu pengetahuan diperlukan pemikiran sendiri.

"Kita jangan banyak tergantung pada orang lain," katanya.

Menurut dia selama ada pemikiran dan pena maka ilmu akan terus berkembang. Ia mengakui tantangan di dunia pendidikan kompleks. Oleh karenanya, tugas pendidik adalah menyelesaikan masalah yang ada.



132 Mahasiswa

Sebanyak 132 mahasiswa sains yang menang kategori teori di tingkat provinsi serta 8 pemenang kategori projek di delapan wilayah regional di Indonesia akan berkompetisi dalam ujian Seleksi Nasional yang dilakukan pada pagi hari sebelum pembukaan Seleksi Nasional OSN Pertamina.

Seleksi Nasional OSN PERTAMINA 2012 akan memilih para pemenang 1,2,3 kategori

teori dari empat bidang keilmuan yang dilombakan (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi) serta pemenang 1,2,3 pada kategori project.

OSN PERTAMINA 2012 yang bertema "Mencetak Generasi Sobat Bumi Berprestasi", merupakan kompetisi ilmiah yang diprakarsai oleh PT Pertamina (Persero) dan diharapkan dapat menjadi tolok ukur dan sarana pengembangan kualitas kemampuan akademik anak bangsa di bidang sains,

serta mendorong ketertarikan generasi muda terhadap pengembangan ilmu

sains di Indonesia.


Feru L

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012