Bogor, (Antara Megapolitan) - "Beri aku 1000 orang tua, akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 Pemuda, maka akan aku guncangkan dunia" (Soekarno, Presiden RI Pertama) Nasionalisme pemuda Indonesia sebagai generasi penerus bangsa harus ditingkatkan. 

Sebagai bentuk rasa peduli dan kesiapan para pemuda untuk meneruskan perjuangan bangsa ini nantinya. 

Membahas topik-topik aktual tentang nasionalisme dan kepemudaan, berhasil menghantarkan tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai Juara Ketiga dalam Kompetisi Debat Pemuda dan Nasionalisme yang diadakan di Universitas Diponegoro (28-29/10). 

Kompetisi nasional ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi besar di Indonesia yaitu IPB, UGM, UI,UB, Undip, UPN Veteran Jatim, dan lainnya. Lomba Debat Diponogoro Social Political Competition (DSPC) 2017 merupakan kompetisi debat mahasiswa nasional yang menjadi event tahunan di Universitas Diponegoro. 

Setelah berhasil lolos pada babak penyisihan, seperempat final, dan semifinal.

Tiga mahasiswa IPB, yaitu Deasy Ramatia, Nia Kurniawati, dan Apip Nurdin yang menjadi delegasi DSPC 2017 berhasil meraih juara 3. Juara pertama berhasil diraih Universitas Brawijaya, dan Juara kedua diraih oleh Universitas Veteran Jawa Timur.

"Ini merupakan perlombaan perdana yang saya ikuti di bidang debat, Alhamdulillah dengan usaha dan doa kami berhasil meraih juara tiga," ujar Deasy. 

Bagi mereka kompetisi perdebatan ini cukup seru. Tema dan mosi yang diberikan cukup menarik dan menantang karena berkaitan dengam nasionalisme mahasiswa sebagai pemuda. 

Pada saat dilaksanakannya lomba mereka harus berhadapan dengan mahasiswa-mahasiswa dari perguruan tinggi ternama dengan segudang pengalaman dan prestasi yang telah dimilikinya, terutama yang berkaitan dengan isu-isu politik dan hukum.

Harapan ke depannya, mahasiswa harus mampu bersikap kritis terhadap masalah dan isu-isu yang terjadi pada bangsa. Pemikiran-pemikiran kritis tersebut harus dituangkan, salah satunya dalam bentuk kompetisi perdebatan.(HF/Zul)

Pewarta: Humas IPB

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017