Jakarta, (Antara Megapolitan-Bogor) - Koalisi besar partai politik melirik Dr Ir Ifan Haryanto MSc sebagai bakal calon alternatif  Bupati Banyumas, Jawa Tengah, periode 2018-2023 di luar muka lama yang telah beredar.

"Tentu saya sangat terhormat dan berterima kasih mendapat dukungan itu," kata Ifan Haryanto yang saat dihubungi dari Jakarta, Senin malam, dalam perjalanan menuju Purwokerto.

Salah satu geliat langkah parpol yang sedang disorot oleh masyarakat Banyumas saat ini adalah inisiasi terbentuknya poros besar yang dibangun oleh PKB, PAN, PPP, dan Partai Gerindra.

Poros besar parpol itu intensif membangun komunikasi politik untuk mengusung pasangan calon alternatif Bupati Banyumas 2018-2023 yang kompeten, visioner, dan siap menang dalam kontes Pilkada Banyumas 2018.

Ifan Haryanto bakal calon Bupati Banyumas berlatar belakang pengusaha, dosen, serta sekaligus ahli tata kota dan wilayah.

Gerbong koalisi besar itu juga potensial disokong oleh Partai Demokrat dan PKS.

Ketua PAN Arif Harjanto selaku salah satu inisiator pertemuan mengatakan bahwa poros besar tersebut dibentuk sebagai jalan alternatif untuk menjawab keinginan masyarakat guna mencari sosok alternatif pemimpin Banyumas baru yang visioner.

Komunikasi politik yang dilakukan lebih intensif itu, kata Arif, merupakan langkah lanjut dari pertemuan "Poros Harapan dan Kebangkitan" yang telah dimulai PKB dan PAN beberapa waktu lalu, yang juga menghadirkan Ifan Haryanto.

Keempat parpol pada Sabtu (4/11) kembali bertemu di Purwokerto dengan Ifan Haryanto untuk membangun kesepahaman tentang bagaimana membangun Kabupaten Banyumas ke depan.

Hadir dalam pertemuan Ketua DPC PKB Banyumas Khabib Mahfud, Ketua DPC Partai Gerindra Banyumas Budiyono, dan Ketua DPD PAN Banyumas Arif Harijanto. Sebelumnya, hadir terlebih dahulu Ketua PPP Banyumas Akomudin Shofa.

Dalam waktu dekat, katanya, koalisi besar itu mengadakan pertemuan dengan anggota poros yang lebih lengkap untuk membicarakan agenda lebih lanjut.

Kontes Pilkada 2018 di Kabupaten Banyumas terus menghangat seiring mulai terpolarisasinya parpol ke dalam poros-poros politik serta terseleksinya bakal calon bupati yang potensial diusung oleh parpol peserta pilkada.

Dalam kaitan Pilkada Banyumas, pada Selasa (7/11) di aula FISIP Universitas Jenderal Sudirman (Unsoed) Purwokerto, Ifan Haryanto juga hadir dalam diskusi publik bertajuk "Mencari Pemimpin Banyumas" bersama kandidat lain, yakni petahana bakal calon Bupati Banyumas Ahmad Husein dan Toto Dirgantoro, dengan panelis pengamat politik Dr Luthfi Makhasin, pengamat pemerintahan Ir Setiyadi, M.Si, dan moderator dosen FISIP Unsoed Tri Wuryaningsih, M.Si.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017