Purwakarta (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengusulkan dibuka sejumlah gerbang tol baru di wilayah Purwakarta dalam perubahan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah Purwakarta.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah setempat Tri Hartono, di Purwakarta, Senin, mengatakan gerbang tol yang diusulkan dibuka adalah di Kecamatan Babakan Cikao dan Darangdan yang terkoneksi dengan kawasan industri Kecamatan Sukatani dan terintegrasi dengan Tol Purbaleunyi.

Selain itu, juga pembukaan gerbang Tol Cikopo Palimanan di daerah sekitar Kecamatan Campaka dan Cibatu.

Ia menyebutkan, saat ini di Purwakarta ada tiga akses tol, yakni di Sadang, Jatiluhur serta Cikopo. Bagi masyarakat di wilayah barat, seperti Kecamatan Sukatani mungkin cukup jauh. Karena itu, pihaknya mengusulkan untuk dibuka gerbang tol baru.

"Jadi gerbang tol baru di Babakan Cikao, Sukatani dan Darangdan nantinya terintegrasi dengan Tol Purbaleunyi. Sedangkan di Kecamatan Campaka dan Cibatu terkoneksi dengan Tol Cipali," kata dia pula.

Menurut dia, perubahan Peraturan Daerah tentang RTRW Purwakarta itu merupakan bagian dari upaya mengakomodir proyek strategis nasional berupa pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung yang melintasi wilayah Purwakarta.

Adanya proyek strategis nasional itu mengharuskan setiap daerah yang dilalui kereta api cepat mengubah Perda RTRW dengan mengakomodir proyek tersebut.

"Proyek kereta cepat akan diakomodir melalui Perda RTRW Purwakarta. Bersamaan dengan itu, kami juga mengusulkan pembukaan gerbang tol yang ada kawasan industri," kata dia pula.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017