Bogor, 6/11 (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendukung rencana pembangunan waduk Ciawi oleh Pemerintah Kabupaten Bogor dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang betujuan mengurangi banjir di wilayah hilir (Jakarta).

"Insya Allah kami mendorong pembangunan ini, karena ketika kami berpikir ini untuk menghadirkan kemaslahatan bersama. Apa salahnya mendorong, kita di hulu (Bogor) ingin menyelamatkan teman-teman yang di hilir," kata Gubernur saat ditemui usai pengaktifan kembali Wakil Wali Kota Bogor, di Plaza Balai Kota, Senin.

Gubernur menyebutkan rencana pembangunan Waduk Ciawi merupakan wacana lama yakni kesepakatan antara para pihak dengan Kementerian PU.

Menurut Gubernur wacana tersebut bila terlaksana sangat bermanfaat untuk warga Jakarta. Sehingga diharapkan pembangunan waduk dapat terlaksana dengan lancar, maka akan mengurangi dampak banjir di wilayah Jakarta.

"Ini sebagai sebuah gagasan, yang akan terus dibahas sehingga menjadi sebuah usulan, yang dibahas bersama untuk mencegah banjir di Jakarta," ujar Gubernur.

Namun, lanjut Gubernur, realisasi wacana mengatasi banjir Jakarta harus ada penyelesaian di hulu terlebih dahulu, salah satunya konservasi hutan, pembangunan waduk, atau menghidupkan kembali waduk-waduk alam yang sudah terfermentasi oleh erosi tanah.

Menurut Gubernur, rencana pembangunan Waduk Ciawi merupakan persolan besar yang harus dibahas bersama.

Wacana tersebut masih terus dibahas, bila wacana dibahas secara berkelanjutan, tentu pelaksanaan akan secepatnya dilakukan. Pada 2013 akan dimulai ancang-ancang pembahasan terkait kewajiban Jawa Barat dapat upaya mengurangi banjir Jakarta serta apa kewajiban Jakarta dalam wacana tersebut.

"Ini rencana besar, tentu perlu pembahasan bersama, kalau sudah ada kesepakatan tentu dimulai dari berapa anggaran yang akan digunakan, semua akan dibahas dari berbagai pihak," ujar Gubernur.

Wacana pembangunan Waduk Ciawi, mulai digaungkan pada 2006, namun belum terealisasi. Wacana tersebut kembali mencuat pada masa kepemimpinan Jokowi.

Namun demikian rencana pembangunan juga mendapat penolakan dari masyarakat setempat, sementara itu beredar informasi anggota dewan Kabupaten Bogor belum menyikapi rencana pembangunan waduk tersebut.


Laily R

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012