Depok, (Antara Megapolitan) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida mendorong lahirnya batik corak baru dengan warna yang lebih variatif, hingga motif yang lebih kreatif dan beragam dari corak batik sebelumnya.

"Saat ini masih terus dibicarakan oleh pengurus Dekranasda maupun Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, untuk mengembangkan batik corak baru tersebut," kata Elly Farida di Depok, Senin.

Dikatakannya pada November akan kita lihat hasil cetak batik Paricara Dharma, baru setelah itu kami akan serius garap corak baru batik khas Depok," katanya.

Dia optimistis, corak batik khas Kota Depok ini nantinya akan dapat diminati oleh siswa sekolah maupun perusahaan swasta yang ada di Kota Depok. Karena saat sekarang saja sudah banyak yang meminta untuk dipakai sebagai seragam perusahaannya nanti.

"Jadi nanti misalkan ada satu hari yang khusus memakai batik khas Depok. Mulai dari sekolah, ASN, atau pun sektor swasta. Silakan saja memilih corak batik mana yang cocok untuk dipakai," ujarnya.

Istri wali kota Depok ini menyatakan baginya hari batik mempunyai makna tersendiri karena dalam sebuah corak batik yang dimiliki Kota Depok terdapat ruh bagi seluruh warga kota tersebut.

"Semua motif batik memiliki makna yang tentunya berbeda sesuai dengan kekhasan yang ingin ditampilkan dan harus menjadi ruh budaya bagi seluruh masyarakat Kota Depok," katanya.

Seperti diketahui Kota Depok sudah miliki 10 corak batik khas Depok sebagai warisan budaya dan sudah dihakpatenkan.

Menurut dia kekhasan batik Depok yang sudah dimiliki didominasi oleh simbol-simbol Kota Depok seperti lambang Kota Depok Paricara Dharma, Gong si Bolong, Topeng Cisalak, tanaman hias, ikan hias, dan lain sebagainya.

"Bila dilihat dari segi warna dasar, ke-10 motif batik tersebut berwarna kuning keemasan, merah marun, oranye, biru, dan biru tua, yang melambangkan suatu kewibawaan, keteduhan, ketenangan, dan keberanian," ujarnya.

Dijelaskannya bila dilihat dari segi motif dan simbol, ada beberapa macam yaitu Paricara Dharma merupakan semboyan Kota Depok yang merupakan amanah semua komponen masyarakat Depok, mengutamakan pengabdian yang baik, benar, dan adil. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017