Sukabumi (Antara Megapolitan) - Tentara Amerika Serikat (US Army) riang gembira saat menjajal sejumlah permainan tradisional Indonesia seperti lomba balap bakiak, tarik tambang dan masukan paku ke botol di sela Latihan Bersama Garuda Shield-11/2017.

"Kegiatan ini sengaja diselenggarakan untuk memberikan refreshing atau penyegaran dan mempererat hubungan antarprajurit TNI-AD dan US Army yang juga merupakan rangkaian Latihan Bersama Garuda Shield-11/2017," kata Komandan Latihan Letkol (Inf) Khabib Mahfud di Sukabumi, Senin.

Lomba permainan tradisional Indonesia yang digelar di Lapangan Batalyon Infantri 310/Kidang Kencana Sukabumi tersebut berlangsung meriah, apalagi Tentara AS dengan perawakan tinggi besar dan mayoritas berkulit bule mampu mencairkan suasana dengan mencoba berbagai permainan tradisional khas Indonesia.

Bahkan, tawa pun pecah saat anggota US Army kesulitan dalam memainkan perlombaan bakiak, memasukan paku ke dalam botol, tarik tambang. Menurutnya, "sport day" merupakan kegiatan olahraga yang dilakukan untuk mengisi waktu luang selama latihan.

Selain itu, olahraga yang dilangsungkan tidak hanya sepak takraw, bola voli, senam dan rugby. Kegiatan itu juga untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada para prajurit AS.

Para bule itu juga tampak semangat dan kompak saat melakukan senam aerobic Zumba dan joget Maumere. Setiap grup berisikan anggota TNI AD dan Tentara AS sehingga kebersamaan lebih tampak.

"Kegiatan ini juga untuk menghilangkan kepenatan selama latihan militer bersama, mereka pun terlihat bahagia dan kompak," tambah Khabib.

Sementara itu salah seorang prajurit AS mengatakan permainan itu tampak mudah, tapi jika dilakukan tidak berkoordinasi dengan baik maka akan kesulitan dalam melaksanakan setiap permainannya. Tetapi, ia dan rekan-rekannya di Tentara AS merasa bahagia dan mencintai permainan tradisional Indonesia.

"It looks like easy, but it`s very hard if there is no coordination each other in a team. Cheerful, I love this game," katanya.***4***

(T.KR-ADR/B/A039/A039) 25-09-2017 17:30:52

Pewarta: Aditya Rohman

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017