Bogor (Antara Megapolitan) - Dalam rangka memeriahkan "Dies Natalis" ke-54 Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan Agrisymphony yang menyuguhkan keseruan kuliner dan pertunjukan seni serta hiburan lainnya.

"Agrisymphony ini terbuka untuk masyarakat umum, ada 45 stand kuliner dan acara musik hingga hiburan seperti bianglala," kata Soleh Muhammad Ketua Panitia Agrisymphony IPB, Sabtu.

Soleh mengatakan Agrisymphony merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan IPB mulai dari tahun 2014 dengan nama Pekan Mahasiswa. Mulai tahun 2015 acara tersebut berganti nama menjadi Agrisymphony.

Agrisymphony merupakan filosofi dari IPB sebagai perguruan tinggi pertanian, dan simphony dimaksudkan adalah harmoni yang terbentuk dari berbagai kegiatan kemahasiswaan dalam satu kegiatan.

"Agrisymphony menyatukan berbagai kegiatan yang digelar oleh sivitas IPB mulai dari BEM, kegiatan setiap fakultas, diramu menjadi satu kesatuan dalam Agrisymphony," katanya.

Setiap tahun Agrisymphony mengalami perkembangan mulai dari jumlah pengunjung yang datang hingga keterlibatkan peserta. Seperti stand kuliner, tahun lalu hanya 20 stand kini menjadi 45 stand.

"Agrisymphony mulai diminati, selain sebagai ajang untuk mempromosikan IPB juga menjadi wadah bagi mahasiswa berkreativitas," katanya.

Agrisymphony terdiri dari sembilan program acara yakni festival kuliner yang dilaksankan dari siang sampai malam. Kuliner disajikan dalam bentuk jajanan juga makan berat.

"Festival kuliner juga menyuguhkan beberapa wahana permainan untuk menambah kemeriahan suasana festival, seperti bianglala," katanya.

Program berikutnya Gema Perikanan dan Kelautan, Festival Veteriner, IT Today yakni kegiatan menyediakan ruang lingkup ilmu teknologi komputer yang dikemas dalam bentuk pameran teknologi dan seminar.

Kegiatan selanjutnya "mechanical dan biosystem expo, kegiatan pengenalan organisasi mahasiswa disajikan dalam bentuk stand, pameran beasiswa, agriphoria yakni pengenalan organisasi mahasiswa, dan IPB Awarding Night yakni malam apresiasi prestasi non akademik yang dimiliki oleh mahasiswa IPB.

"Agrisimphony juga ada kegiatan "publik art" dan "live painting" yang menjadi wadah penyaluran bakat seni dari mahasiswa IPB, lokasi ini juga cocok untuk foto," katanya.

Agrisymphony berlangsung selama dua hari 16-17 September, mulai dari pagi hingga malam hari. Besok pagi (Minggu) akan ada kegiatan jalan pagi sehat diikuti ribuan mahasiswa dan sivitas IPB. Dan malam harinya akan adalah penampilan khusus Barsena Bestandhi lulusan ajang pencarian bakat musik yang akan menghibur pengunjung.

"Agrisymphony melibatkan 600 mahasiswa sebagai panitia, kegiatan ini juga jadi ajang melatih mahasiswa dalam mengkoordinir satu kegiatan besar," kata Soleh.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017