Jakarta (Antara Megapolitan-Bogor) - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi perusahaan cat PT Propan Raya Group yang mendukung arsitektur Nusantara dan melakukan aksi nyata menyelamatkan bumi.

"Dengan Tagline 'Go to Waterbased, Save The Planet' yang digaungkan PT Propan Raya ini bukan hanya tagline. Melalui pabrik terbarunya yang diresmikan ini, mereka menunjukkan komitmennya sebagai perusahaan cat Indonesia yang ramah lingkungan, dan juga mencintai Pariwisata Indonesia," kata Menpar Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.
    
Pabrik cat tersebut belum lama ini meluncurkan cat ramah lingkungan berbasis air (water based).
    
Propan Raya tercatat telah menyatakan dukungannya bagi Konsorsium Kota Tua Jakarta bersama Dinas Pariwisata Provinsi DKI dalam program revitalisasi Kota Tua Jakarta untuk menjadikan Kota Tua sebagai destinasi pariwisata Jakarta di bidang budaya.
    
Bahkan perusahaan itu sempat dinobatkan sebagai lokomotif pengembangan arsitektur nusantara yang merupakan bagian dari budaya bangsa oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya.

"Sesuai dengan misi kami, Propan Raya selalu siap mendukung pembangunan Indonesia termasuk pengembangan dan melestarikan pariwisata Indonesia," ungkap Hendra Adidarma, Founder dan Presiden Direktur Propan Raya.
    
Untuk memenuhi kebutuhan ini, dikembangkan cat khusus untuk bangunan tua, antara lain silicate paint system yang terdiri dari Décor Silicate Paint, Penetran Silicate, dan Silicate Floor.
    
Silicate Paint ini diformulasi secara khusus dengan teknologi Propan Raya sebagai solusi terbaik untuk melindungi bangunan warisan budaya dan bangunan baru pada kondisi kelembaban yang tinggi.
   
Silicate Paint bersifat alkali, sehingga dapat mencegah timbulnya jamur dan micro organisme lainnya.
    
Selain itu, Propan Raya juga menyumbangkan cat untuk mendukung Kampung Warna-Warni di sejumlah daerah seperti Yogyakarta, Semarang, dan Palembang.
    
Dengan peranannya itu, Propan Raya pun memantapkan diri dengan melakukan co-branding dengan Wonderful Indonesia.
    
Propan Raya menerima izin menggunakan logo Pesona Indonesia dan Wonderfull Indonesia sejak akhir 2015. Logo tersebut djgunakan pada kemasan produk Propan yang memang sudah menjadi pemimpin pasar di Indonesia.
    
"Dengan kerja sama ini dapat membantu mempromosikan produk asli Indonesia, sekaligus mempopulerkan pariwisata dengan branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia yang semakin mendunia ini," kata Kris Rianto Adidarma.
    
PT Propan Raya meluncurkan salah satu aksi nyata demi menyelamatkan bumi.
    
Melalui anak perusahaannya yang baru, yakni PT Propan Dekorindo Raya, meluncurkan pabrik cat ramah lingkungan berbasis air (water based).
    
Founder dan President Director PT Propan Raya, DR Hendra Adidarma Dipl. Chemiker, mengakui bahwa cat berpelarut air lebih ramah lingkungan dibanding dengan cat berpelarut tiner (solvent based).
    
Selain tidak ramah lingkungan, cat solvent based juga berbau menyengat dan memiliki kandungan VOC (Volatile Organic Compounds) yang berbahaya baik bagi tubuh maupun lingkungan.
    
Dengan beralih ke cat water based, emisi solvent yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan mampu ditekan.
    
"Menjadi tugas dan tanggung jawab kami untuk menciptakan produk cat yang ramah lingkungan, memiliki kualitas yang baik, dan sesuai dengan standar internasional," ungkap Hendra Adidarma yang menyelesaikan pendidikannya sebagai ahli kimia di salah satu Universitas di Jerman.

Pembukaan pabrik cat ramah lingkungan ini juga sekaligus merupakan bentuk dukungan PT Propan Raya terhadap aturan pemerintah yang mencanangkan program "Go Green".
    
Pabrik baru ini akan dioperasikan dengan mesin-mesin berteknologi terbaru dan termutakhir bernama Rapid Production System (RPS) yang berasal dari Jerman.
    
"Teknologi yang dipakai ini merupakan satu-satunya teknologi yang ada di Asia Pasifik. Dengan teknologi ini, seluruh proses produksi hingga barang jadi, akan lebih ramah lingkungan," ucap CEO PT Propan Raya Kris Rianto Adidarma.

Kris menjelaskan, baru ada tiga pabrik yang menggunakan teknologi RPS yakni dua pabrik terdapat di Jerman dan 1 pabrik terdapat di Indonesia, yaitu milik PT Propan Raya.
    
Keunggulan teknologi RPS ini antara lain produksi yang sangat cepat, yaitu 25 ton per batch dalam waktu 4 jam, produk yang dihasilkan konsisten dan stabil, penggunaan sumber daya manusia yang sedikit, fleksibel, serta hemat ruang.
    
"Pabrik baru ini rencananya akan memproduksi cat berbasis water based hingga kapasitas terpasang 100.000 ton per tahun. Dengan demikian, kami memiliki tiga pabrik dengan kapasitas 200.000 ton per tahun," ucap Kris.
    
Beberapa produk PT Propan Raya yang akan diproduksi di pabrik ini antara lain Decorshield, Decorcryl, Decorlotus, Eco Emulsion, Ecoshield, Ceria, Ultraproof, Aqua Syntetic Enamel Gofast A-1000, Marine Paint, Metal Protective Coating, Polymer Flooring, Waterproofing, Multipurpose Acrylux, Waterbased Wood Finishing For IKEA, dan masih banyak lagi.  (ANT/BPJ).

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017