Jakarta (Antara Megapolitan-Bogor) - Institut Teknologi Bandung (ITB) menganugerahkan penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama kepada tiga menteri yakni, Arief Yahya, Basuki Hadimuljono, dan Pramono Anung.
    
Rektor ITB Prof Dr Kadarsah Suryadi DEA saat memberikan sambutan dalam Sidang Terbuka ITB dalam rangka Peringatan 97 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia yang digelar di Aula Barat ITB Bandung, Kamis, menganugerahkan penghargaan tersebut kepada para penerimanya.

Tiga menteri yakni Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung mendapat penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama dari Institut Teknologi Bandung (ITB).
    
Pemberiaan penghargaan yang disampaikan oleh Rektor ITB Prof Dr Ir Kadarsyah Suryadi DEA dalam acara ’Peringatan 97 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia” itu berlangsung di Aula ITB, Jalan Ganesha Bandung.
    
Penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama yang merupakan satu di antara 5 katagori penghargaan; Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama, Ganesa Widya Jasa Adiutama, Ganesa Widya Jasa Utama, Ganesa Wirya Jasa Adiutama, dan Ganesa Wirya Jasa Utama.
    
"Penghargaan ini diberikan kepada pejabat pemerintah yang telah menunjukkan jasa dan pengabdian yang menonjol/luar biasa selama masa jabatannya sehingga bermakna bagi perguruan tinggi teknik tertua di Indonesia ini," kata Kadarsah.
    
Dalam acara "Peringatan 97 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia" tersebut selain dilakukan penganugerahan penghargaan kepada tokoh masyarakat dan alumni ITB yang berjasa besar dalam pengembangan IPTEKS dan institusi tersebut, juga disampaikan Orasi Ilmiah oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr Ir Mochamad Basoeki Hadimoeljono MSc.
    
Menpar Arief Yahya mengatakan, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng ITB untuk mengembangkan kepariwisataan nasional dalam mendukung target 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019.
    
ITB sudah mendatangani MoU dengan Menteri Pariwisata tentang kerja sama dan saling menunjang dalam pelaksanaan tugas kedua  belah pihak serta  program kerja sama kewirausahaan antara SBM-ITB dan 6 UPT di bawah Kemenpar.
    
Sebagai implementasi MoU tersebut antara lain pembahasan pengembangan SDM Pariwisata untuk menindaklanjuti Instruksi Menteri Pariwisata pada 26 Mei 2017 saat mengunjungi Sekolah Tinggi Pariwisata (STP)  Bandung.
    
Selain itu juga penyampaian strategi untuk bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Pariwisata di bawah Kemenpar dalam mencapai SDM dengan standar global, pencapaian 10 persen alumni untuk menjadi entrepreneurship, dan english mastery.
    
Menpar Arief Yahya pada kesempatan itu juga memberikan Kuliah Perdana di FEB Unpad yang dihadiri mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjadjaran di Bale Salawa (Teater di Kompleks Rektorat) UNPAD,  Sumedang Km 21 Jatinangor, Jawa Barat.
    
Arief Yahya sebagai alumni doktoral UNPAD pada kesempatan itu menyampaian topik kuliah "Kontribusi Sektor Pariwisata untuk Meningkatkan Daya Saing Indonesia".
 
Hadir dalam acara tersebut para dekan dari berbagai fakultas, senat akademik, anggora dewan profesor, dan 500 mahasiswa baru FEB dan 200 masiswa dari fakultas lain UNPAD. (ANT/BPJ).

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017