Lapangan D Khayangan Jababeka Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dijadikan tuan rumah seleksi atlet-atlet panahan terbaik nasional sebagai penentu tiket menuju ajang Asian Games Aichi-Nagoya 2026 mendatang.

"Total ada 52 atlet panahan terbaik Indonesia yang mengikuti seleksi tahap pertama ini," kata Sekretaris Umum Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Bekasi Suheriyanto di Cikarang, Jumat.

Ia mengatakan setiap atlet dituntut untuk mampu menunjukkan performa terbaik pada seleksi tahap pertama ini agar bisa terpilih masuk ke seleksi kedua yang dijadwalkan berlangsung di Kudus, Jawa Tengah November 2024 mendatang.

Baca juga: 620 pemanah Jawa Barat ramaikan kejuaraan Piala Bupati Bekasi
Baca juga: Perpani Kabupaten Bekasi matangkan persiapan lokasi pertandingan jelang Porprov Jabar

Dari total 52 pemanah terbaik tanah air, dua di antaranya merupakan atlet binaan KONI Kabupaten Bekasi yakni Ratih Zil’izaty Fadhli dan M Riyan Hidayat.

"Kedua atlet binaan kami alhamdulillah lolos seleksi tahap kedua. Ratih sukses meraih peringkat pertama dan Riyan menduduki peringkat keempat," katanya.

Heri menyatakan 28 pemanah terbaik dari total 52 peserta seleksi akan mengikuti seleksi tahap kedua. Kemudian ditambah empat pemanah yang turut serta pada ajang Olimpiade Paris 2024.

"Sehingga total pemanah yang akan mengikuti seleksi tahap kedua di Kudus mendatang berjumlah 32 atlet," katanya.

Baca juga: Panahan - Perpani Gandeng Summarecon Bekasi Seleksi Atlet Panahan

Dia mengaku pemilihan lokasi seleksi nasional tahap pertama ini sekaligus memberikan nilai positif bagi perkembangan olahraga panahan di daerah itu mengingat para atlet binaan Kabupaten Bekasi dapat menyaksikan secara langsung performa pemanah-pemanah terbaik tanah air.

"Atlet binaan kami bisa melihat dari dekat penampilan atlet nasional. Menjadi motivasi lebih menghadapi pekan olahraga provinsi 2026. Untuk Porprov Jabar 2026 mendatang kita akan turun di semua divisi baik compound, recurve dan nasional standar bow," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024