Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bogor, Jawa Barat, menerjunkan enam mobil pemadam untuk membantu memadamkan kebakaran rumah warga di Gang Masjid, Kelurahan Pasirjaya, pada Jumat.

Kepala Bidang Pemadam dan Penyelamatan DPKP Kota Bogor Mohamad Ade Nugraha pada Jumat mengatakan pihaknya juga dibantu dua mobil pemadam dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor.

“Kebakaran terjadi pada Jumat sekitar pukul 03.10 WIB. Kami mendapat laporan dari warga melalui telepon dan menerjunkan Regu 1 dari Sukasari, Cibuluh, dan Yasmin,” kata Ade.

Baca juga: Sebanyak 11 unit pemadam diturunkan padamkan kebakaran di Tajur Kota Bogor
Baca juga: Tujuh mobil pemadam diterjunkan tangani kebakaran toko dan rumah di Kota Bogor

Ia menjelaskan peristiwa kebakaran dilaporkan oleh warga sekitar pukul 03.10 WIB. Kebakaran tersebut melanda satu rumah dua lantai.

Mulanya, kata Ade, pemilik rumah mencoba memadamkan api dengan cara menyiram dengan air, namun api belum padam. Lalu pemilik rumah mencoba mengambil air kembali, tapi api sudah semakin membesar.

“Pemilik yang panik langsung menghubungi pihak damkar. Kami tiba di lokasi sekitar pukul 03.12 WIB dan memulai pemadaman,” jelasnya.

Ade mengatakan pemadaman selesai sekitar 20 menit kemudian. Saat ini keadaan sudah aman terkendali.

“Salah seorang warga mengalami luka bakar ringan saat membantu pemadaman. Sedangkan pemilik rumah diperkirakan mengalami kerugian sekitar puluhan juta rupiah,” ujarnya.

Baca juga: DPKP Kota Bogor bantu lepaskan borgol di tangan warga

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Hidayatulloh mengatakan BPBD telah melalukan asesmen di lokasi kejadian. Saat ini belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

“Kebakaran ini menyebabkan habisnya bangunan rumah pada bagian lantai 2 rumah serta terbakarnya sebagian lantai 1 rumah milik Bapak R Iman Kusumaningrat hingga rusak berat,” kata Hidayatulloh.

Ia menyebutkan saat ini kebutuhan mendesak yang dibutuhkan ialah hunian sementara bagi pemilik rumah. Sedangkan korban yang mengalami luka bakar sudah diberi penanganan lebih lanjut di RSUD Kota Bogor.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024