Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, meraih penghargaan Anindhita Wistara Data atas keberhasilan meningkatkan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) dari 2,38 menjadi 2,77 hingga masuk dalam peringkat 63 besar dari 416 kabupaten dan kota se-Indonesia.

"Kami masuk kategori baik, menandakan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas penyediaan data dan sistem statistik," kata Kepala Bidang Statistik Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Intan Komala di Cikarang, Jumat.

Penghargaan tersebut diberikan atas hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) tahun 2024 yang disampaikan bertepatan dengan peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) di Jakarta, pada Kamis (26/9). 

Baca juga: Adi Pranaya, Kepala Puskesmas Sukadami Bekasi raih penghargaan nakes teladan Kemenkes
Baca juga: Pemkab Bekasi serahkan penghargaan Lomba Kampung Bersih tingkat RT

Intan menyatakan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat kepada kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah atas pengelolaan data yang baik.

"Kami sangat bersyukur atas capaian tersebut. Ini tidak lepas dari dukungan, arahan, dan komitmen Pak Penjabat Bupati Bekasi, Penjabat Sekda serta dukungan penuh dari BPS Kabupaten Bekasi," katanya.

Ia mengaku Diskominfosantik Kabupaten Bekasi sebagai wali data daerah akan terus berupaya mengoptimalkan sinergi data antar seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan terkait.

Baca juga: Pemkab Bekasi beri penghargaan pada desa pemenang lomba Proklim

"Semangat kami adalah terus berinovasi dan meraih prestasi yang lebih baik di masa mendatang demi kemajuan dan nama baik daerah," ucapnya.

Ia juga menyatakan tema peringatan HSN 2024 yakni "Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas" menekankan peran vital statistik berkualitas dalam mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045 yang bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan.

"Ini sejalan dengan upaya pemerintah daerah merealisasikan percepatan pembangunan melalui data terintegrasi Satu Peta demi mewujudkan pembangunan berkelanjutan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024