Kampung (Desa) Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Provinsi Riau menjadi finalis Lomba Desa dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2024 yang diadakan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri.

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman di Siak, Kamis, mengatakan Kampung Dayun akan bersaing ketat dengan Desa Bumi Daya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung dalam pemaparan tahap akhir untuk menentukan juara lomba itu. Pemaparan dilaksanakan di Gedung Pertemuan Kantor Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Jakarta Selatan.

"Saya sangat senang atas prestasi yang diraih Kampung Dayun. Ini adalah hasil dari kerja keras seluruh pihak, mulai dari provinsi, kabupaten/kota hingga seluruh lapisan masyarakat," kata dia dalam keterangan.

Berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Nomor: 100.3.3.9/4662/BPD, tertanggal 12 September 2024, tahapan pemaparan calon juara dijadwalkan berlangsung 17 hingga 20 September 2024.

Hingga saat ini Kampung Dayun telah mengungguli Nagari (Desa) Tanjung Haru Sikabu-Kabu Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Sebagai wujud dukungan, dia hadir langsung pada tahap akhir kompetisi ini. Pasalnya Kampung Dayun menjadi satu-satunya dari Kabupaten Siak yang mewakili Provinsi Riau dalam ajang bergengsi tingkat nasional ini.

Ia berharap, Kampung Dayun dapat meraih juara dan menjadi motivasi bagi kampung-kampung serta kelurahan lain di Kabupaten Siak, untuk terus berprestasi pada tahun-tahun mendatang.

"Prestasi yang ditoreh diharapkan membawa dampak positif bagi pengembangan potensi kampung dan penguatan pembangunan di wilayah Kabupaten Siak" katanya.

Kampung Dayun dikenal dengan inovasi menjadikan embung kebakaran hutan dan lahan menjadi lokasi wisata. Destinasi yang dinamakan Embung Terpadu Dayun tersebut, memberikan pendapatan bagi kampung dengan sejumlah atraksi wisata.

Pewarta: Bayu Agustari Adha

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024